√ 5 Cara Backup Rom Android dengan TWRP Paling Mudah

Daftar Isi [Lihat]
Cara Backup Rom Android dengan TWRP

Android adalah sistem operasi ponsel pintar yang open source dan banyak pengembangnya. Android bisa anda oprek sesuai selera, misalnya saja mengganti custom rom agar lebih gahar dalam tampilan dan fungsinya. Namun ada banyak opreker yang lupa akan beberapa hal penting seperti cara backup rom android dengan TWRP, sehingga stock rom bawaan masih tetap tersimpan.

Fungsi dan manfaat dari membackup stock rom ini adalah ketika anda memodifikasi ponsel android anda dan terjadi hal yang tidak di inginkan misalnya saja bootloop, anda masih bisa memperbaikinya dengan cara merestore kembali stock rom backup an tadi.

Kalau anda tidak ada file stock rom back up anda akan kebingungan dan akan di flash ulang kembali. Dan ini memang keuntungan anda jika anda punya file backup stock rom.

Untuk cara backup rom android, anda harus mempunyai sistem recovery yang sudah di modifikasi, dan namanya yang sekarang biasa disebut dengan TWRP. Ini merupakan singkatan dari team win recovery project, dimana recovery mode yang satu ini memang mempunyai banyak fitur yang bahkan bisa melakukan flashing sendiri tanpa perlu komputer.


Bagaimana Cara Pasang TWRP di Semua Android?

Cara backup rom android memang membutuhkan TWRP. Kalau android yang anda punya merupakan versi lawas, anda masih mudah dalam melakukan root baik dengan aplikasi rooting maupun dengan komputer. 

Namun jika anda menggunakan android yang versi terbaru, anda tidak bisa langsung memasang TWRP anda, anda harus melakukan unlock bootloader dulu, dan untuk melakukan bootloader ini tekniknya berbeda di setiap jenis ponsel.

Anda bisa mencarinya di internet tentang cara unlock bootloader sesuai dengan jenis dan merk ponsel anda. Selanjutnya anda bisa melakukan pemasangan TWRP dengan komputer. TWRP yang harus dipasang juga harus sesuai dengan jenis dan merk ponsel yang digunakan, anda bisa bergabung berbagai forum dan grup mengenai jenis ponsel yang ada gunakan di media sosial.

Cara Backup Rom Android dengan TWRP

Jika sudah pasang TWRP di android anda, sebelum anda mengoprek android, silahkan backup dulu stock rom nya. Anda bisa backup di internal memori atau di eksternal memori, yang jelas sediakan sekitar 10 GB, karena file backup biasanya besar, apalagi jika anda backup dengan file data yang ada.

Mengenai cara melakukan backup rom di hp android dengan menggunakan TWRP, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Masuk ke menu TWRP ( Android dalam keadaan off, tekan power bersamaan tombol volume + , atau pada beberapa versi dengan tombol -, tekan secara bersamaan sampai masuk ke menu TWRP.
  2. Setelah masuk ke mu recovery anda bisa membuka opsi backup.
  3. Disitu pilih rom backup, kalau mau dengan data file nya maupun semua aplikasi, kontak dan file galery yang ada, anda siapkan saja memori yang besar.
  4. Select storage untuk memilih hasil backup akan diletakkan di memori eksternal atau internal.
  5. Geser ke kanan untuk konfirmasi backup.

Selesai backup silahkan anda cek saja hasil backupnya di memori mana anda melakukan pembackup-an. Selain itu, anda juga harus bisa merestorenya jika android anda bootloop atau eror.
  1. Masuk lagi ke menu TWRP
  2. Sesudah masuk anda pilih saja opsi restore.
  3. Lalu anda pilih file backupan yang anda backup sebelumnya.
  4. Konfirmasikan dengan geser kekanan untuk flashing ke stock rom.
  5. Reboot to system.

Nah itulah cara mudah untuk backup rom hp android dengan menggunakan TWRP yang dapat Anda praktekkan sendiri. Agar semakin paham, yuk langsung dicoba langkah-langkah di atas. Semoga bermanfaat..

Baca Juga