Gemar Belanja Online? Jangan Lupa Terapkan 3 Tips Aman Ini

Daftar Isi [Lihat]
Tips Aman Belanja Online
Tips Aman Belanja Online


Tips Aman Belanja Online - Di zaman yang sudah berkembang ini, pertumbuhan teknologi sangatlah pesat. Dan salah satu dampak dari perkembangan teknologi itu adalah berbelanja via online. Banyak pedagang-pedagang besar  yang mulai menjual  barang dagangannya secara online, entah itu menggunakan website sendiri atau menggunakan marketplace. (Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko.)

Memang benar bahwa terdapat banyak kemudahan dalam belanja online, karena kita sebagai pembeli tidak perlu capek-capek keluar rumah membuang energi dan waktu. Cukup bermodal hp dan koneksi internet saja kita sudah dapat membeli barang yang kita inginkan, dan barang itu akan sampai di depan rumah kita pada hari itu juga atau beberapa hari kemudian.

Tetapi, tidak jarang juga ada orang yang melakukan kecurangan dalam menjual barang secara online. Kita sudah transfer uang, tapi ternyata barang tidak pernah dikirimkan, dll. Maka dari itu, sebelum mulai belanja online, alangkah baiknya kita mengetahui tips-tips aman belanja online, seperti yang akan dibahas berikut ini.

Tips Aman Belanja Online

Inilah beberapa tips aman belanja online yang harus anda ketahui sebelum melakukan transaksi:

1. Pilihlah Toko Online yang Sudah Terkenal dan Dipercaya

Belanja di marketplace/toko online terpercaya merupakan hal baik, karena mereka menggunakan sistem rekening bersama yang mana uang anda akan ditahan oleh pihak marketplace sampai barang sudah anda terima dan sesuai dengan pesanan. Karena bila barang tidak sampai atau tidak sesuai pesanan, uang kita dapat dikembalikan atau kita dapat melakukan retur barang.

2. Manfaatkan Google untuk Mencari Toko Online yang Terpercaya

Dengan adanya google, dapat mempermudah kita untuk mencari berbagai informasi. Salah satunya yaitu mencari informasi toko online yang baik dan dapat dipercaya. Coba ketik apa saja yang berkaitan dengan toko online yang baik maka akan muncul beberapa informasi dan dapat anda ambil. Dan setelah mendapat informasi itu, anda dapat melihat toko online yang dirujuk untuk berbelanja.

3. Lihat Ulasan dan Feedback Pembeli

Tips aman belanja online selanjutnya adalah dengan melihat ulasan dan feedback dari pembeli. Misalnya anda ingin belanja baju di sebuah marketplace, anda dapat memilih dan memilah antara beberapa pedagang yang menjual baju tersebut. Misalnya di toko A banyak memiliki ulasan dan feedback yang positif, dan juga memiliki rating dan tinggi, barang yang terjual pun sudah banyak, sedangkan di toko B belum banyak menjual barang, dan juga tidak sedikit pembeli yang memberikan ulasan dan feedback negatif, maka toko mana yang akan anda pilih untuk belanja? Sudah pasti toko A bukan?

Sebenarnya 3 hal diatas sudah cukup sebagai tips aman belanja online. Karena belanja di toko online/marketplace yang sudah terpercaya memanglah aman, karena jika barang tidak datang maka uang akan kembali kepada kita, dan jika barang tidak sesuai pesanan maka kita dapat mengajukan retur. Mudah bukan?

Bila anda masih ragu untuk mulai belanja online, maka anda dapat meminta bantuan kepada orang di sekitar anda, seperti keluarga, saudara, atau teman. Karena belajar secara langsung akan lebih mudah dipahami. Semoga bermanfaat.

Selamat berbelanja..

Khabar.my.id