Pengalaman Pakai Shopee Express 2022, Review Kelebihan & Kekurangan

Review: Pengalaman Saya Menggunakan Ekspedisi Shopee Express

Review Ekspedisi Shopee Express - Anda yang sering belanja di Shopee pastinya sudah tidak asing lagi dengan jasa pengiriman resmi dari Shopee, yaitu Shopee Express. Bila Lazada memiliki Lex atau Lazada Express, maka Shopee memiliki Shopee Express.

Mungkin Anda sering melihat jasa pengiriman ini ketika ingin membeli barang di Shopee, hal paling menarik dari ekspedisi Shopee Express yaitu harganya yang relatif lebih murah dibanding jasa pengiriman lainnya.

Tapi masih banyak pengguna Shopee yang ragu untuk menggunakan ekspedisi Shopee Express, mungkin karena belum pernah menggunakannya. Maka dari itu, apabila Anda termasuk salah satu yang ragu untuk menggunakan ekspedisi Shopee Express, artikel ini cocok untuk Anda.

Pada artikel ini kita akan membahas:
  • Apa itu Shopee Express?
  • Berapa lama pengiriman Shopee Express
  • Review menggunakan ekspedisi Shopee Express Standard
  • Kelebihan dan keunggulan Shopee Express
  • Kekurangan dan kelemahan Shopee Express

Apa Itu Shopee Express?

Shopee Express adalah jasa pengiriman di Shopee yang dikhususkan untuk para penjual terpilih, dan pengiriman akan langsung ditangani oleh tim resmi dari Shopee.

Shopee Express memiliki tiga layanan yang berbeda, yaitu:
  1. Shopee Express Standard, adalah jasa kirim yang disediakan oleh Shopee untuk pengiriman reguler.
  2. Shopee Express Sameday, adalah jasa kirim yang disediakan oleh Shopee untuk pengiriman yang akan sampai pada hari yang sama.
  3. Shopee Express Instant, adalah jasa kirim yang disediakan oleh Shopee untuk pengiriman maks. 3 jam dari pick up.

Karena hanya untuk penjual terpilih, maka tidak semua penjual dapat menyediakan jasa pengiriman Shopee Express. Dan area jangkauan penjual yang menggunakan Shopee Express pun hanya di beberapa kota besar di Jawa saja.

Berapa Lama Pengiriman Shopee Express?

Berapa lama pengiriman Shopee Express? Shopee memberikan estimasi pengiriman untuk ketiga layanannya, yaitu seperti berikut ini:
  • Shopee Express Standard, estimasi pengiriman 1-3 hari (untuk kota besar di Jawa).
  • Shopee Express Sameday, pengiriman dalam 24 jam.
  • Shopee Express Instan, terkirim maks. 3 jam setelah pick up.

Review Ekspedisi Shopee Express Standard sesuai Pengalaman

Karena saya berdomisili di Lampung, maka saya hanya bisa menggunakan layanan Shopee Express Standard, karena Shopee Express Instan dan Sameday hanya bisa digunakan untuk pembeli dari beberapa kota besar di Jawa.

Berikut ini adalah review ekspedisi Shopee Express Standard sesuai pengalaman pribadi saya ketika belanja di Shopee..

Sebelum menggunakan Shopee Express, saya biasa menggunakan jasa pengiriman J&T, Sicepat, dan JNE. Karena belum pernah mencoba, jadi wajar saja saya masih agak ragu untuk menggunakan ekspedisi Shopee Express. Sampai akhirnya ada salah satu kawan saya yang sudah mencoba pengiriman Shopee Express dan memberitahu bahwa pengirimannya sangat cepat.

Beberapa waktu kemudian saya mencoba untuk menggunakan ekspedisi Shopee Express ketika belanja di Shopee. Dan berikut adalah beberapa screenshot dari pengiriman Shopee Express yang sudah saya gunakan.

Review Menggunakan Ekspedisi Shopee Express Standard
Jakarta - Tanggamus

Gambar di atas adalah screenshot pengiriman Shopee Express Standard dari Jakarta Utara ke Tanggamus Lampung, seperti yang Anda lihat lama pengiriman hanya menghabiskan waktu 2 hari. Padahal Tanggamus bukanlah kota besar, dan estimasi untuk jasa pengiriman lainnya menghabiskan 3-4 hari.

Berapa lama pengiriman Shopee Express Standard?
Jakarta - Lampung Tengah

Dan gambar di atas adalah screenshot pengiriman Shopee Express Standard dari Jakarta Utara ke Lampung Tengah, dan lama pengiriman hanya menghabiskan waktu 2 hari. Lampung Tengah juga bukan termasuk kota besar di Lampung, tapi pengiriman Shopee Express sangatlah cepat.

Untuk pengiriman Shopee Express Standard ke kota besar, biasanya hanya menghabiskan waktu 1 hari. Hal ini berdasarkan pengalaman dari teman saya yang berada di Bandar Lampung (ibukota Lampung).

Kelebihan dan Keunggulan Shopee Express yang Saya Rasakan

Berikut adalah kelebihan dan keunggulan Shopee Express yang saya rasakan berdasarkan pengalaman:
  1. Harga Murah, harga murah pastinya menjadi daya tarik tersendiri bagi jasa pengiriman, semakin murah semakin memikat pelanggan. Shopee Express pun menjadi jasa pengiriman yang memberi tarif murah, dan hal ini menjadi salah satu alasan saya senang menggunakannya. Saya sering mendapatkan gratis ongkir sampai 0 rupiah pada pengiriman Shopee Express, padahal alamat tujuannya bukan kota besar.
  2. Pengiriman Cepat, meskipun memberi tarif murah namun Shopee Express tetap memberikan performa terbaiknya seperti pada review di atas. Shopee Express berkerjasama dengan Sicepat untuk memaksimalkan pengiriman agar lebih cepat sampai ke alamat tujuan. Saat ini, bisa dibilang Shopee Express adalah ekspedisi yang paling sering saya gunakan untuk pengiriman ke selain kota besar.

Kekurangan dan Kelemahan Shopee Express yang Saya Rasakan

Selama menggunakan Shopee Express mungkin hanya ada satu kekurangan dan kelemahan yang saya rasakan, yaitu info resi. Menurut saya informasi resi pada Shopee Express masih kurang detail, jadi agak sulit untuk mengecek paket sudah sampai dimana.

Penutup

Inilah review singkat mengenai ekspedisi Shopee Express Standard beserta kelebihan dan kekurangan berdasarkan pengalaman yang saya rasakan. Kesan saya setelah beberapa kali menggunakan Shopee Express yaitu merasa sangat puas. Jadi, jangan ragu lagi untuk menggunakan jasa pengiriman resmi dari Shopee ini. Semoga bermanfaat..