√ 3 Ide Bisnis Kreatif dengan Modal Laptop dan Internet

Bisnis Kreatif dengan Modal Laptop dan Internet
Bisnis Kreatif dengan Modal Laptop dan Internet

Bisnis Kreatif dengan Modal Laptop dan Internet - Halo sobat semua, di zaman dengan perkembangan teknologi yang pesat ini sangatlah banyak peluang bisnis yang tersedia untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya adalah bisnis online yang hanya membutuhkan modal laptop dan internet.

Hanya dengan modal laptop dan internet, kita sudah bisa menjalankan beberapa bisnis. Bahkan keuntungan yang didapat pun bisa sangat besar, tergantung seberapa besar tekad dan usaha kita dalam menjalankannya.

Meskipun sobat tidak memiliki kemampuan dalam teknologi, hal itu tidak menjadi penghalang bagi sobat untuk sukses dalam berbisnis online. Karena pada dasarnya, teknologi yang ada pada zaman sekarang ini sangat memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Meskipun banyak juga bisnis-bisnis online yang sulit untuk dijalani oleh seorang pemula, tapi seiring berjalannya waktu, bila sobat serius mempelajari dan menjalaninya pasti akan terbuka juga jalan kesuksesan itu.

Pada artikel kali ini, bisnis online kreatif modal laptop dan internet yang akan saya bahas adalah jenis yang bisa dengan mudah untuk dijalani oleh seorang pemula. Tapi sekali lagi yang terpenting adalah seberapa kuat doa dan usaha kita lah yang akan menentukan kesuksesan.

Bisnis Online Modal Laptop dan Internet

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis online kreatif dengan modal laptop dan internet yang dapat sobat lakukan kapan saja dan dimana saja:

1. Blogging Modal Laptop

bisnis online kreatif modal laptop dan internet
Blogging Moral Laptop

Blogging adalah salah satu ide bagus untuk menjalankan bisnis online kreatif dengan modal laptop dan internet. Karena sudah banyak kisah dari para blogger di Indonesia maupun dunia yang meraih kesuksesan dari blog.

Meskipun butuh trik untuk mendapatkan penghasilan dari blog, tapi untuk sobat yang belum paham sama sekali tentang dunia blog jangan berkecil hati dulu. Karena seiring berjalannya waktu, semakin sobat sering berteman dengan dunia blog, maka lama kelamaan sobat akan akrab dengannya dan mengetahui seluk beluknya.

Ada banyak platform yang disediakan untuk blogging ini, ada yang gratisan dan ada juga yang berbayar. Yang berbayar pasti lebih unggul dalam segala hal, tapi dengan blog gratisan pun sobat tetap bisa sukses. Tergantung sobat akan memilih yang gratisan atau berbayar.

Beberapa platform blogging seperti:
  1. Wordpress
  2. Blogger
  3. Tumblr
  4. Weebly
  5. Medium
  6. Joomla
  7. Drupal
  8. Pyro
  9. Silverstripe
  10. Dll.

Dan untuk menghasilkan uang dari blog pun terdapat banyak cara, tapi yang paling sering digunakan para blogger untuk mencari penghasilan adalah dengan memasang situs pengiklanan, seperti google adsense.

Adapun beberapa cara lain untuk menghasilkan penghasilan dari blog adalah:

1. Menawarkan ruang iklan di blog
2. Affiliasi
3. Menjual atau memasarkan produk jasa maupun barang, bisa milik kita sendiri dan bisa milik orang lain
4. Menulis artikel yang bermanfaat
5. Menjadi publisher google adsense
6. Menjual blog
7. Dll.

Kesimpulan: Bisnis online dengan blogging ini adalah salah satu cara kreatif untuk mendapatkan penghasilan yang menguntungkan. Dan keuntungannya pun bisa jadi sangatlah besar, tergantung bagaimana kita serius dalam menjalani dan mengetahui trik-triknya. Dan untuk sobat yang belum paham sama sekali tentang dunia blogging, cobalah untuk mulai berteman dengannya, pasti lama-lama akan akrab.

2. Bisnis Jualan Online

bisnis online kreatif modal laptop dan internet
Bisnis Jualan Online

Memulai bisnis kreatif dengan jualan online sekarang tidaklah sulit, dan hanya membutuhkan modal laptop dan internet saja sobat sudah bisa meraup keuntungan yang besar.

Barang apa saja bisa sobat jual di penjualan online, karena zaman sekarang orang-orang lebih suka pada hal-hal yang praktis. Banyak kemudahan yang didapatkan dengan berbelanja online, maka dari itu sekarang banyak pedagang yang lebih memilih untuk berjualan online.

Sobat bisa menjualnya melalui marketplace yang ada seperti: Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli, Zalora, Zilingo, dan masih banyak lagi marketplace yang disediakan untuk kebutuhan jual beli secara online.

Atau juga sobat bisa melakukan promosi melalui sosial media seperti: Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lain-lain.

Dengan metode pemasaran dan penawaran yang baik, maka sobat akan lebih mudah untuk mendapatkan konsumen. Pastikan bahwa sobat harus bisa membuat percaya pada konsumen bahwa sobat adalah pedagang yang jujur dan baik.

Jika sobat belum memiliki banyak modal untuk memulai berjualan, tenang saja, sekarang banyak pedagang-pedagang besar yang menyediakan jasa dropship. Yang artinya sobat memasarkan dan menjual produk mereka, kemudian sobat bisa mendapatkan keuntungan. Atau bisa juga menjadi seorang reseller, kemudian sobat bisa mengambil barang dari produsen dengan harga yang rendah.

Alasan orang lebih tertarik untuk belanja online adalah:
  1. Menghemat waktu dan tenaga.
  2. Tersedia banyak promo.
  3. Transaksi Pembayaran lebih mudah.
  4. Tidak perlu keluar rumah.
  5. Dapat menemukan produk dengan mudah.
  6. Dapat membandingkan harga dengan yang lebih murah.
  7. Kualitas barang tidak kalah dari yang di toko dan punya varian barang yang lebih lengkap.
  8. Dll.

Kesimpulan: Berjualan online bisa dibilang mudah tapi juga sulit. Sekarang ini banyak pembeli lebih suka untuk berbelanja di penjualan online, maka dari itu, banyak konsumen yang akan selalu menantikan barang menarik dengan harga yang baik pula. Yang terpenting dalam berjualan online adalah bagaimana sobat memasarkan barang jualan dan bagaimana sobat meyakinkan para pembeli.

3. Penulis Artikel

bisnis online kreatif modal laptop dan internet
Penulis Artikel

Menjadi seorang penulis artikel bisa dijadikan salah satu ide bisnis online kreatif yang sangat menguntungkan, dan hanya butuh modal laptop dan koneksi internet. Menjalankan bisnis penulisan artikel adalah salah satu contoh bisnis kreatif yang cukup menjanjikan. Jika sobat suka menulis atau punya kemampuan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan, maka peluang usaha yang satu ini bisa dijadikan pilihan yang terbaik.

Dan juga bisnis yang satu ini mudah dilakukan dan tidak butuh modal yang besar, bahkan nyaris tanpa modal, namun sobat harus memiliki peralatan standar untuk menjalankannya, seperti perangkat laptop dan koneksi internet yang stabil.

Sobat bisa memulai bisnis menulis ini dari mana saja yang sobat suka, seperti menulis kegiatan harian dengan bahasa yang menarik, menulis ringkasan dari pelajaran sekolah, menulis tugas menjadi artikel yang baik, menulis kejadian di sekitar, dan masih banyak lagi hal-hal lainnya yang bisa sobat jadikan sebagai ide menulis. Juga sobat bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja.

Apabila ada waktu luang, coba saja sobat manfaatkan untuk menulis. Contohnya, ketika di kost kost-an sobat sedang sendirian dan tidak ada anak kost lainnya, mungkin sobat merasa bosan, manfaatkan lah waktu luang itu untuk menulis dan menjalankan bisnis online kreatif yang menguntungkan ini.

Sobat juga bisa memanfaatkan hasil tulisan sobat untuk di posting di blog (seperti no. 1), karena peluang usaha dengan blog juga sangat menguntungkan loh. Sekarang ini tidaklah sulit untuk membuat blog bahkan tanpa memahami bahasa-bahasa pemrograman.

Jadi, siapa pun dapat membuat dan menulis di blog dengan mudah. Tapi sobat juga lebih baik untuk belajar tentang blog, karena dengan memahami struktur blog, sobat bisa menjadikan blog lebih menarik di mata pembaca maupun di mata mesin pencarian google.

Kesimpulan: Menjadi penulis artikel bisa dibilang tidaklah susah, karena menulis adalah kerjaan sehari-hari kita (terlebih bagi pelajar dan mahasiswa). Sobat bisa memanfaatkan tulisan-tulisan karya sobat untuk dijual atau diposting di blog milik sendiri. Dan yang terpenting, ketika sobat menyebar tulisan yang berisi ilmu tersebut, maka sama saja sobat sudah menyebar kebaikan.

Sebenarnya masih banyak ide bisnis online kreatif lainnya yang juga menguntungkan, hanya dengan modal laptop dan internet sobat bisa mendapatkan penghasilan. Sobat bisa mencoba juga untuk menjadi seorang desainer, youtuber, publisher iklan, dan lain-lain, semuanya bisa dijadikan ide bisnis online kreatif yang hanya membutuhkan modal laptop dan koneksi internet.

Lebih baik gagal dalam sebuah usaha daripada hanya berdiam saja.

Semoga bermanfaat..

Khabar.my.id
###
Sumber gambar: pixabay.com