√ 9 Cara Jitu Agar Jualan di Instagram Semakin Laris

Cara Jualan di Instagram Agar Laris
Cara Jualan di Instagram Agar Laris


Cara Jualan di Instagram Agar Laris -- Instagram adalah aplikasi sosial media yang memiliki banyak pengguna hampir dari semua kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, emak-bapak, dan bahkan sampai orang yang sudah tua. Instagram memang terkesan kekinian, yang mana instagram adalah tempat berbagi foto/video dan terdapat filter yang dapat membuat foto/video lebih menarik.


Tergantung penggunanya, instagram bisa menjadi aplikasi yang bermanfaat dan juga bisa sebaliknya. Contoh pengunaan yang bermanfaat dari instagram adalah dengan menjadikannya media jualan atau sarana memperluas pasar bisnis.


Nah bagi Anda yang sudah memiliki bisnis dan ingin menggunakan instagram sebagai sarana pendukung, maka artikel ini cocok untuk Anda. Meskipun artikel ini membahas tentang cara jualan di instagram agar dagangan semakin laris, tapi cara-cara ini juga dapat Anda praktikkan untuk hal lainnya selain jualan, contohnya Anda memiliki konten-konten yang menarik dan ingin banyak yang melihat konten Anda, maka artikel ini juga cocok untuk Anda.


Menarik untuk Anda:  √ 9 Cara Jitu Jualan di Marketplace Facebook Agar Semakin Laris


Cara Jualan di Instagram Agar Laris

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa cara atau tips yang dapat Anda coba agar jualan di instagram semakin laris:


1 . Tentukan Target Pasar Anda

Cara Jualan di Instagram Agar Laris
Tentukan Target Pasar Anda


Sebelum Anda membuat akun instagram pastinya Anda sudah memiliki target seperti barang apa yang akan dijual, atau bisnis apa yang akan dijalankan. Hal ini adalah penting, karena bila tidak tahu target pasar kita maka akan lebih sulit untuk mendapatkan konsumen.


Bila belum memiliki target, pastikan Anda memikirkannya terlebih dahulu agar tidak nantinya membuang-buang tenaga. Bila sudah memiliki target maka Anda dapat melangkah ke cara jualan di instagram yang selanjutnya.


2. Buatlah  Akun Instagram Khusus Bisnis

Cara Jualan di Instagram Agar Laris
Buatlah  Akun Instagram Khusus Bisnis


Instagram menyediakan akun bisnis di dalam aplikasinya, yang mana akun bisnis memiliki fitur yang berbeda dari akun pribadi. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis di instagram, sebaiknya untuk menggunakan akun bisnis agar dapat lebih profesional.


Selanjutnya Anda harus menentukan nama yang tepat untuk akun instagram khusus bisnis, pastikan nama tersebut masih berkaitan dengan tema jualan atau bisnis Anda.


Bila Anda menjual pakaian maka contoh nama yang dapat Anda pakai seperti: @fashion_lpg, @bajuanakmurah, @grosirpakaian, dan masih banyak lagi nama-nama lainnya yang dapat Anda pakai.


Menentukan nama yang tepat untuk akun instagram bisnis Anda termasuk cara jitu agar jualan semakin laris.


3. Buat Deskripsi yang Menarik untuk Akun Anda

Cara Jualan di Instagram Agar Laris
Buat Deskripsi yang Menarik untuk Akun Anda


Setelah selesai membuat akun instagram, selanjutnya buatlah deskripsi untuk akun Anda semenarik mungkin. Mungkin Anda bisa melihat akun-akun instagram yang sudah besar untuk mencari inspirasi membuat deskripsi yang menarik.


Lebih bagus lagi bila Anda memiliki website landing page yang mana para pengunjung dapat diarahkan kesana, dan dapat membuat akun Anda nampak lebih profesional.


Jangan lupa untuk menampilkan alamat Anda dan memberikan kontak yang mudah untuk dihubungi. Pastikan juga Anda membuat foto profil yang simpel dan menarik.


4. Cari Follower Tertarget Sebanyak-banyaknya

Cara Jualan di Instagram Agar Laris
Cari Follower Tertarget Sebanyak-banyaknya


Cara jualan di instagram agar laris selanjutnya adalah mencari follower sebanyak-banyaknya, dan akan lebih baik lagi bila follower tersebut adalah target pasar Anda. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan follower tertarget adalah dengan mem-follow akun instagram besar yang satu tema dengan Anda.


Kemudian Anda buka pengikut akun tersebut, kemudian ikutilah akun-akun yang mem-follow akun instagram tersebut. Bila dirasa akun yang Anda follow sudah banyak, maka Anda dapat meng-unfollow akun-akun tersebut beberapa hari kemudian. Istilah ini biasa disebut teknik follow unfollow.


5. Membuat Postingan Menarik dengan Keterangan yang Lengkap

Cara Jualan di Instagram Agar Laris
Membuat Postingan Menarik dengan Keterangan yang Lengkap


Membuat postingan yang menarik bisa dibilang hal yang paling penting, karena nantinya itulah yang akan dilihat oleh para pengunjung. Banyak cara untuk membuat postingan yang menarik, salah satunya yaitu menggunakan gambar/video yang menarik dan memiliki resolusi kualitas tinggi.


Kemudian juga penting untuk memberi deskripsi postingan yang memberi informasi lengkap kepada audience tentang barang yang dijual, bagus lagi bila Anda mencantumkan harga barang yang Anda jual. Untuk nomor 5 ini perlu Anda pikirkan matang-matang, karena ini termasuk cara penting jualan di instagram agar laris.


6. Gunakan Tagar Sesuai Tema Postingan

Cara Jualan di Instagram Agar Laris
Gunakan Tagar Sesuai Tema Postingan


Menggunakan tagar ketika membuat postingan memiliki banyak keuntungan, salah satunya yaitu postingan Anda dapat dilihat oleh orang-orang yang tidak mengikuti akun Anda. Gunakanlah tagar yang banyak digunakan orang, dan menggunakan banyak tagar juga tidak ada salahnya, tapi jumlah maksimal dalam menggunakan tagar adalah 30.


Bagi pemula, penggunaan tagar dapat membantu untuk meramaikan akun yang baru dibuat. Tapi untuk akun-akun yang sudah besar, mungkin tidak terlalu harus menggunakan cara ini untuk jualan di instagram supaya laris.


7. Unggah Testimoni dari Customer agar Jualan di Instagram Makin Laris

Cara Jualan di Instagram Agar Laris
Unggah Testimoni dari Customer agar Jualan di Instagram Makin Laris


Bila sudah ada yang pernah membeli barang jualan Anda, maka mintalah testimoni darinya. Semakin banyak testimoni yang Anda dapat maka akan lebih baik. Anda dapat mengunggah testimoni tersebut di feed instagram Anda, maupun di sorotan story.


Fungsi dari mengunggah testimoni yaitu dapat membuat orang-orang lebih percaya terhadap akun Anda, dan tidak akan takut lagi terkena penipuan. Dan hal ini adalah salah satu cara ampuh agar jualan Anda di instagram semakin laris.


8. Bagikan Postingan Instagram Anda

Cara Jualan di Instagram Agar Laris
Bagikan Postingan Instagram Anda


Bagi akun yang baru dibuat, bila hanya mengandalkan pengunjung dari instagram mungkin akan terasa lama ramainya.hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan membagikan postingan Anda ke sosial media lainnya.


Anda bisa membagikan ke story wa, ke grup-grup facebook, telegram, dll. Anda juga dapat meminta teman-teman untuk turut meramaikan akun instagram yang Anda bangun.


9. Berikan Diskon atau Giveaway untuk Menarik Follower

Cara Jualan di Instagram Agar Laris
Berikan Diskon atau Giveaway untuk Menarik Follower


Untuk menarik follower, sesekali Anda dapat mengadakan giveaway ataupun memberikan diskon untuk barang yang Anda jual. Siapa coba yang tidak suka dengan yang namanya giveaway dan diskon?


Anda dapat memberikan syarat untuk wajib follow bagi siapa saja yang ingin menjadi pemenang giveaway. Dengan demikian akun Anda dapat menjadi lebih ramai, dan keuntungan lainnya adalah Anda akan mendapat follower dari akun-akun yang aktif.


Nah itulah beberapa cara jualan di instagram agar laris yang dapat Anda coba mulai dari sekarang juga. Walaupun mungkin di awal-awal akan terasa sulit, tapi tetap yakinlah bahwa suatu saat nanti bisnis Anda dapat berkembang menjadi lebih besar. Dan yang terpenting adalah jangan lupa berdoa. Semoga bermanfaat..


Sumber gambar: pixabay.com


Khabar.my.id