√ 10 Cara Ini Bisa Membantu Memperkuat Daya Ingat Kamu

Daftar Isi [Lihat]
Cara Memperkuat Daya Ingat
Cara Memperkuat Daya Ingat

Cara Memperkuat Daya Ingat - Sudah umumnya kita ketahui bahwa daya ingat setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang memiliki daya ingat yang cukup kuat dan ada pula yang lemah. Bagi kamu yang mempunyai daya ingat yang kuat tentu hal tersebut tidak menjadi masalah.

Namun akan lain halnya bagi kamu yang memiliki kesulitan dalam mengingat. Hal tersebut tentu akan yang dapat mengganggu aktivitas serta produktivitas kamu apapun profesinya. Daya ingat saya pun tidak terlalu kuat-kuat amat, hehe. Maka dari itu, diperlukan cara untuk memperkuat daya ingat yang dapat membantu seseorang untuk mengatasi permasalahannya tersebut.

Apakah kamu pernah memperhatikan teman atau rekan kerja dapat dengan mudah mengingat? Bahkan dengan hal paling rinci sekalipun dan dengan cepat memahami hal-hal baru? Jangan khawatir, kita juga pasti bisa.

So, always think positively..

Cara Mudah Memperkuat Daya Ingat

Berikut ini adalah 10 cara untuk memperkuat daya ingat yang dapat dengan mudah kita praktekkan, yaitu:

1. Mengkonsumsi Makanan yang Membantu Memperkuat Daya Ingat

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk membantu memperkuat daya ingat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mendukung dan membantu untuk memperkuat daya ingat. Ada banyak sekali makanan yang bisa kita konsumsi, diantaranya adalah: kacang-kacangan, sayuran hijau, aneka beri, minyak zaitun, ikan, susu, coklat, atau pun madu. Dengan banyaknya pilihan jenis makanan yang ada, maka dapat kita pilih yang sekiranya mudah untuk kita ditemukan di sekitar kita.

2. Rajin Olahraga

Cara selanjutnya untuk memperkuat daya ingat adalah dengan berolahraga. Berolahraga akan membuat tubuh kita menjadi bugar dan segar, serta membantu mencegah berbagai macam penyakit. Aliran darah dan oksigen yang menuju orang pun akan lancar. Tak perlu melakukan olahraga yang berat seperti atlet profesional, cukup dengan olahraga ringan dan santai saja seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda. Carilah jenis olahraga yang kamu sukai, sehingga kamu akan merasa nyaman dan tidak terpaksa melakukannya.

3. Minimalisir Stres dan Bergembiralah

Stres merupakan salah satu pemicu kita menjadi sering lupa. Selain merupakan faktor psikologis penyebab sakit mag kronis dan depresi, juga berkontribusi efektif dalam penurunan daya memori dan penghancuran sel-sel otak. Salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan adalah dengan tersenyum dan tertawa.  Sederhana bukan? Senyum dan Tawa melibatkan beberapa daerah otak dan secara bersamaan dapat mengurangi stres. Jadi, murah senyum lah dan jadilah pribadi yang humoris, karena hal itu termasuk salah satu cara ampuh untuk memperkuat daya ingat.

4. Memainkan Permainan yang Melatih Pikiran

Cara memperkuat daya ingat selanjutnya adalah bermain game. Jangan anggap bermain game hanya akan menghabiskan waktu dan tidak berguna. Ada banyak permainan yang ternyata dapat membantu kita untuk memperkuat daya ingat seperti, teka-teki silang, catur, atau permainan lainnya yang dapat mengasah otak. Mungkin kita tidak menyadari bahwa otak kita juga terlatih ketika bermain permainan tersebut.

Tapi tidak sedikit pula game yang justru dapat melalaikan, nah game seperti itulah yang seharusnya kita hindari.


5. Jangan Memikirkan Terlalu Banyak Hal

Memikirkan dan melakukan banyak hal dapat membuat kita sering lupa. Hal ini dikarenakan kita terlalu memikirkan dan memperhatikan banyak hal secara bersamaan, dan kinerja otak tidak bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Misalnya, kita akan sulit membaca buku dan melakukan percakapan dengan teman pada waktu yang sama, kondisi ini tentu menurunkan konsentrasi kita. Karena otak membutuhkan sekitar 8 detik untuk menyimpan informasi dalam memori. Jadi rileks lah dan jangan melakukan banyak hal secara bersamaan.

6. Jangan Berhenti Belajar

Belajar bukan hanya tugas bagi para pelajar, tapi yang sudah bekerja pun harus tetap terus belajar. Entah itu secara teori maupun praktek. Setiap harinya akan banyak bermunculan pengetahuan ilmu serta informasi baru. Media komunikasi saat ini pun sudah semakin canggih, sehingga kita dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Gunakanlah gadget untuk belajar. Banyak sumber informasi yang dapat kita buka, dengan demikian pengetahuan akan terus dan terus bertambah.

7. Menulis

Menulis aktivitas dan hal penting dalam kehidupan sehari-hari juga dapat membantu memperkuat daya ingat kita. Sepele memang, namun cara ini cukup efektif. Jika kita khawatir lupa tentang sesuatu yang penting, maka tulislah di buku harian atau selembar kertas. Aktivitas menulis menciptakan aliran oksigen ke area otak, sehingga sesuatu yang kita tulis akan mudah diingat daripada tidak kita tulis. Menulis juga akan membantu untuk meningkatkan kapasitas memori untuk mengingat dan menghafal informasi.

8. Tidur Cukup dan Teratur

Cara untuk memperkuat daya ingat berikutnya adalah dengan tidur yang cukup dan berkualitas. Dengan tidur yang cukup, maka rasa penat dan lelah di badan akan hilang. Dan otak kita akan menjadi segar ketika bangun nanti, sehingga mampu menyerap segala informasi yang diberikan dengan baik.

9. Menyendiri untuk Menenangkan Pikiran

Menurut sebuah studi, ukuran kemampuan otak mulai menurun pada usia 20-an. Menenangkan pikiran secara efektif melakukan penundaan penurunan kognitif dan mencegah penyakit neurodegeneratif seperti alzeimer. Menenangkan pikiran menghasilkan muatan positif pada otak, memori, belajar, dan kesadaran diri. Selain itu, menenangkan pikiran telah terbukti untuk mengurangi stres, jadi tidak ada salahnya bagi kita untuk mencobanya.

10. Menjalin Hubungan Baik dengan Lingkungan Sekitar dan Keluarga

Bersosialisasi akan membuat kehidupan kita menjadi lebih baik. Dapat saling bertukar informasi, sehingga kita akan mengetahui berbagai informasi. Hal tersebut juga menjadi cara yang sangat membantu untuk memperkuat daya ingat. Karena dengan bersosialisasi, tentu akan mengontrol tentang berbagai hal sehingga otak akan terus beraktivitas dan daya ingat kita pun akan semakin meningkat. Jangan lupa bersosialisasi lah yang positif, seperti ikut komunitas sesuai dengan minat kita agar tetap nyaman.

Penutup: Cara Memperkuat Daya Ingat

Beberapa cara diatas dapat kita lakukan untuk membantu memperkuat daya ingat. Sekali lagi yang harus diperhatikan adalah melakukan hal yang positif, seperti permainan atau mengikuti komunitas yang berguna. Bukan sekedar permainan atau pun komunitas yang malah dapat merusak diri kita.

Apabila kita mengerjakan cara-cara untuk memperkuat daya ingat diatas dengan baik dan benar insyaAllah akan membuahkan hasil yang memuaskan. Selain membantu kita untuk memperkuat daya ingat, juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat sehingga otak dan tubuh akan terjaga.

Itulah 10 cara untuk memperkuat daya ingat otak yang dapat kita lakukan secara mudah. Mungkin masih banyak hal-hal lain selain yang disebutkan diatas yang juga dapat membantu untuk meningkatkan daya ingat kita. Semoga bermanfaat..

Khabar.my.id
Baca Juga