Kenali 3 Ciri-ciri SMS Penipuan yang Mengatasnamakan Shopee

Ciri SMS Penipuan yang Mengatasnamakan Shopee
Ciri SMS Penipuan yang Mengatasnamakan Shopee

Ciri-ciri SMS Penipuan yang Mengatasnamakan Shopee - Mungkin ada beberapa dari anda yang pernah menerima sms yang menginformasikan hadiah puluhan atau ratusan juta dari Shopee. Jika anda sudah sering menerima sms seperti itu mungkin tidak akan ada baca dan bisa langsung dihapus, tapi bagi yang baru pertama kali menerima sms itu, bisa saja ia tergiur dan tertipu.

Maka dari itu, bagi anda yang belum tahu tentang ciri-ciri SMS penipuan yang mengatasnamakan Shopee atau marketplace lainnya, mari simak penjelasan berikut..


Ciri-ciri SMS Penipuan yang Mengatasnamakan Shopee

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan untuk lebih berhati-hati saat menerima sms tersebut, mari kita ketahui ciri-ciri sms penipuan yang mengatasnamakan Shopee.

1. SMS Penipu Mengarahkan Ke Situs Palsu

Biasanya, si penjual palsu atau pihak yang mengatasnamakan Shopee mengarahkan anda ke situs palsu melalui sms, whatsapp, email/media sosial tidak resmi dengan alasan kendala pesanan, cek status pengiriman, atau memberikan voucher/harga produk lebih murah.

Solusi: Pastikan transaksi anda,cek pesanan, dan komunikasi dengan penjual dilakukan di aplikasi atau situs resmi Shopee.

2. Ciri Url Situs Penipuan

Alamat situs palsu biasanya menggunakan:
  • Akhiran domain situs lain seperti http://checkgaransishopee.000webhost.app.com
  • Awalan penyingkat url seperti bit.ly/cekpengirimanshopee
  • Url diawali dengan http:// (bukan https://), yang artinya tidak aman.

Solusi: Pastikan anda mengakses situs resmi Shopee hanya melalui https://shopee.co.id atau subdomainnya.

3. Diminta Mengisi Data Pribadi

Ciri-ciri penipuan yang mengatasnamakan Shopee lainnya adalah, ketika situs dibuka biasanya anda akan diminta data rahasia pribadi seperti: username & password, kode OTP, Pin Shopeepay.

Solusi: Jangan menyerahkan data rahasia pribadi Pin Shopeepay kepada siapapun, termasuk pihak Shopee.

Akun Resmi Shopee

  • Facebook: ShopeeID, ShopeeMoms, Kampus Shopee
  • Twitter: @ShopeeID, @ShopeeCare
  • YouTube: SHOPEE Indonesia
  • Instagram: @shopee_id, @shopeeformen, @shopeekpop, @shopeemoms_id, @shopeebeauty_id, @shopeefashion_id, @shopeepay_id, @sobatshopee, @kampusshopee.id, @shopeebarokah
Pihak Shopee tidak pernah meminta data pribadi dari akun resmi yang disebutkan diatas. Mohon untuk lebih waspada bila ada permintaan data pribadi dari akun/situs/nomor mencurigakan yang mengatasnamakan Shopee. (sumber: Shopee)

Nah itulah 3 ciri-ciri sms penipuan yang mengatasnamakan Shopee. Jadi, bila ada menerima sms dengan ciri-ciri seperti diatas agar bisa lebih berhati-hati. Semoga kita semua selalu dilindungi dari orang-orang jahat. Aamiin..