√ 4 Langkah Baru untuk Meraih Sukses Lewat Internet

langkah baru untuk sukses lewat internet
Langkah Baru untuk Sukses Lewat Internet

Langkah Baru untuk Sukses Lewat Internet –
 Saat ini kita hidup di zaman yang sudah modern, dan perkembangan internet pun semakin pesat dari waktu ke waktu. Dengan adanya internet, banyak pekerjaan manusia yang dapat dikerjakan dengan semakin mudah.  Hadirnya internet juga sangat berpengaruh dalam kemajuan dunia bisnis, dan sudah sangat banyak orang diluar sana yang berhasil sukses melalui internet, baik yang masih muda maupun sudah tua.

Apa itu Internet?

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media lainnya. Jaringan informasi tersebut akan menyampaikan beberapa informasi yang dikirim melalui transmisi sinyal dengan frekuensi yang telah disesuaikan. Simpelnya, internet adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan komputer secara global.

Manfaat Internet

Banyak sekali manfaat internet yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, dan berikut adalah beberapa bidang yang mendapat manfaat dari internet:

  • Bidang pendidikan
  • Bidang informasi
  • Bidang kesehatan
  • Bidang sosial dan hiburan
  • Bidang bisnis
  • Dll


Nah daripada kehadiran internet hanya kita gunakan untuk streaming video, scroll media sosial, bermain game, dll yang kurang bermanfaat, lebih baik kita manfaatkan internet sebagai ladang penghasilan. Jika kita mau mencoba, berusaha, dan berdoa, maka sukses lewat internet bukanlah suatu hal yang mustahil.


Langkah Baru untuk Meraih Sukses Lewat Internet

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat kita coba untuk meraih sukses lewat internet, meskipun kita masih awam dengan dunia internet tapi itu bukanlah alasan untuk tidak mencoba. Karena segala sesuatu butuh pembiasaan, maka apabila kita sudah terbiasa menggunakan internet pasti akan lebih mudah memanfaatkannya sebagai peluang usaha. Dan berikut ini adalah beberapa langkah baru yang dapat kita coba untuk meraih sukses lewat internet:


1. Manfaatkan Media Sosial

langkah baru untuk sukses lewat internet
Manfaatkan Media Sosial


Hampir setiap orang pastinya memiliki akun media sosial, baik itu Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Apabila Anda memiliki media sosial, maka jangan digunakan hanya untuk berselancar melihat sesuatu yang kurang bermanfaat. Media sosial yang Anda miliki bisa menjadi ladang penghasilan apabila digunakan dengan benar.


Melansir dari data yang dirilis We Are Social, pengguna Indonesia yang aktif di media sosial mencapai 130 juta orang,dan rata-rata waktu yang dihabiskan per harinya adalah 3 jam 23 menit. Hal ini pastinya menjadi kesempatan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Mulailah langkah baru untuk sukses lewat internet, jadikan media sosialmu menjadi ladang penghasilanmu.


Jika Anda memiliki suatu bisnis, maka media sosial dapat dijadikan sarana untuk memperluas jangkauan bisnis Anda. Semakin luas jangkauan yang Anda capai, maka semakin besar kemungkinan akan datang para pelanggan baru.


Tanpa memiliki bisnis, Anda juga tetap bisa membuka peluang untuk mendapatkan uang dari media sosial, salah satunya adalah mengisi akun media sosial Anda dengan konten menarik.


Apabila sudah memiliki banyak pengikut, maka Anda dapat membuka jasa iklan di media sosial. Bahkan, pemilik bisnis pun bisa datang sendiri kepada Anda untuk meminta dipromosikan barangnya. Pastikan Anda tidak mematok harga terlalu tinggi, agar customer yang datang tidak kabur.


Menarik untuk Anda:


2. Manfaatkan E-Commerce

langkah baru untuk sukses lewat internet
Manfaatkan E-Commerce


Saat ini sudah ada banyak e-commerce besar yang beroperasi di Indonesia, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dll. Dengan adanya e-commerce, aktivitas jual beli menjadi semakin mudah. Tak hanya menguntungkan para pedagang, tapi e-commerce juga memberi kemudahan bagi para pembeli yang ingin belanja dengan harga murah.


Setiap tahun pertumbuhan e-commerce melaju dengan pesat, terlebih lagi dengan adanya pandemi. Banyak pengguna yang sebelumnya belum pernah melakukan belanja secara online, namun saat ini memanfaatkan e-commerce untuk memenuhi kebutuhan mereka.


Maka dari itu, kesempatan ini dapat menjadi langkah baru untuk sukses lewat internet. Manfaatkanlah e-commerce untuk mengembangkan bisnis Anda. Semua orang dapat memulai berjualan di e-commerce secara gratis, apabila Anda masih bingung untuk memulainya maka dapat membaca artikel atau menonton video tentang cara berjualan di e-commerce yang banyak tersebar di Google dan YouTube.


Tidak sedikit juga yang berhasil meraih kesuksesan melalui jualan di e-commerce, seperti yang dialami oleh Jordan Atik Bawazier. Ia berhasil meraup omzet 3,5 miliar/bulan dari berjualan pakaian wanita di e-commerce. Sangat menarik bukan?


3. Bangun Channel YouTube

langkah baru untuk sukses lewat internet
Bangun Channel YouTube


Menurut data dari ComScore VMX, YouTube memiliki 93 juta lebih penonton yang berusia 18 tahun keatas. Artinya, 9 dari 10 pengguna internet Indonesia menonton YouTube setiap harinya.


Selain mengalami peningkatan pada jumlah penonton, peningkatan jumlah channel YouTube pun terus bertambah. Pada tahun 2020 lalu, channel di Indonesia yang mendapat Diamond Button mengalami peningkatan 10 kali. Sedangkan channel yang mendapat Gold Button meningkat 2 kali, dari 300 channel menjadi 600 channel.


Melihat dari banyaknya pengguna YouTube di Indonesia, maka kesempatan ini dapat menjadi langkah baru untuk membuka pintu sukses lewat internet.


Sudah sangat banyak orang yang berhasil sukses dari YouTuber, beberapa diantaranya adalah Baim Paula dan Rafi Nagita. Tapi siapa sangka, ternyata posisi YouTuber terkaya justru diduduki oleh mereka yang bukan artis. Posisi itu diduduki oleh channel Zuny and Family dengan konten yang sederhana dan dekat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari.


Anda juga dapat memulai untuk membangun channel dari hal-hal yang disukai dan dikuasai. Banyak juga kok YouTuber pemula yang tidak butuh waktu lama untuk menghasilkan uang.


4. Bangun Sebuah Website

langkah baru untuk sukses lewat internet
Bangun Sebuah Website


Membangun website pastinya saya masukkan ke dalam daftar langkah baru untuk meraih sukses lewat internet, karena dengan memiliki website akan meningkatkan kredibilitas Anda. Apabila Anda memiliki suatu bisnis, maka dengan memiliki website akan memberikan kesan profesional pada bisnis Anda. Tapi pastikan website Anda tidak terlihat acak-acakan agar pengunjung nyaman.


Saat ini hampir setiap perusahaan pastinya memiliki website, karena dengan memiliki website pasti akan meningkatkan kepercayaan pada klien mereka. Apabila Anda menerapkan langkah 1, 2, atau 3 diatas juga pasti akan terkesan lebih profesional apabila memiliki website sendiri.


Pada intinya, memiliki website sangatlah penting untuk suatu bisnis karena dapat meningkatkan kredibilitas. Selain itu, dengan memiliki website dapat mempermudah interaksi antara pemilik website dan klien.


Jika sebelumnya Anda tidak memiliki bisnis, maka akan tetap bisa mendapatkan penghasilan melalui website. Seperti dengan membuat konten yang menarik dan bermanfaat, apabila Anda sudah memiliki banyak pengunjung maka Anda dapat memasang iklan di website dan mulai menghasilkan uang.


Yang terpenting, pastikan Anda memiliki website yang bagus dengan tampilan menarik sehingga dapat membuat nyaman para pengunjung.


Membangun Website Tidaklah Susah!

Jika Anda memilih untuk membangun website sebagai metode menghasilkan uang lewat internet, good choice! Bagi sebagian orang mungkin membangun website terdengar susah, padahal sebenarnya tidaklah susah karena sudah ada banyak tutorial yang membahas tersebut secara detail. Bagi Anda yang tertarik untuk membangun sebuah website, baik itu website pribadi maupun website bisnis maka membutuhkan hosting dan domain. Apa itu hosting dan domain?


Hosting diibaratkan sebagai rumah bagi sebuah website, sedangkan domain adalah alamatnya.


Domain adalah alamat website Anda, seperti:

  • namaanda.com
  • namaanda.co.id


Dan hosting adalah tempat untuk menyimpan file website, seperti gambar, video, script, dan database.


Beberapa Web Hosting Terbaik di Indonesia

  1. Niagahoster
  2. Hostinger ID
  3. Kinsta
  4. Rumahweb
  5. Exabytes
  6. IDwebhost
  7. DomaiNesia

*Sumber: bicatcha.co.id

Tunggu apa lagi? Yuk bangun websitemu sekarang juga!


Tips Memulai Langkah Baru untuk Sukses Lewat Internet

  1. Yakinkan dirimu
  2. Persiapkan model bisnis yang akan dijalankan
  3. Berpikir “Out of The Box”
  4. Siapkan “Visi dan Misi” yang jelas
  5. Organisir diri
  6. Rajin membuat catatan
  7. Fokus pada satu bisnis dulu
  8. Siap menghadapi kemungkinan terburuk
  9. Terbuka terhadap setiap evaluasi
  10. Terus belajar dan jangan cepat puas


Kesimpulan

Setelah membaca artikel diatas, semoga dapat memberikan Anda gambaran untuk memulai langkah baru dalam meraih sukses lewat internet. Masih banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari internet, tapi yang saya sebutkan diatas sangat menarik untuk dicoba dan hasilnya bisa sangat memuaskan lho. Semoga bermanfaat..


Khabar.my.id


###

Sumber gambar: pixabay.com