Motivasi Jack Ma untuk Anak Muda tentang Kesuksesan

Daftar Isi [Lihat]

Advertisement

motivasi jack ma untuk anak muda
Motivasi Jack Ma

Motivasi Jack Ma untuk Anak Muda - Sobat, siapa sih yang tidak kenal dengan billionaire Jack Ma? Kali ini saya akan sedikit bercerita tentangnya, karena kisah hidupnya penuh motivasi untuk anak-anak muda seperti kita.

Langsung saja, Jack Ma adalah seorang pebisnis berkebangsaan Cina. Ia merupakan pendiri sekaligus chairman eksekutif dari Alibaba Group perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Ia merupakan Warga Cina daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai billionaire dunia.

Pada tahun 2015, ia masuk ke dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia pada urutan ke 22. Dalam acara yang ditayangkan oleh stasiun televisi KBS Korea Selatan, Jack Ma bercerita dan memberi motivasi untuk anak-anak muda Korea Selatan tentang bagaimana caranya bisa sukses dalam hidup, serta penyesalan-penyesalan apa yang ia hadapi.

Biografi lengkap Jack Ma

Motivasi Jack Ma untuk Anak Muda

Menurutnya ada garis waktu yang harus kita hadapi dalam kehidupan dimulai dari kita menginjak usia 20 dan terus berjalan hingga berakhir di usia 60. Ini yang ia katakan,

Sebelum Usia 20 - 30

Sebelum anda menginjak usia 20 jadilah murid yang baik, yakni untuk mendapatkan pengalaman. Jangan pernah khawatir untuk membuat kesalahan, jika anda jatuh anda bisa bangkit lagi, jika ada jatuh lagi, bangkit lagi. Nikmatilah, anda baru berusia 20 an, nikmati pertunjukannya.

Menjelang anda menginjak usia 30 ikutlah seseorang, tidak masalah masuk ke sebuah perusahaan kecil, karena pada umumnya di perusahaan besar bagus untuk anda mempelajari sebuah proses. Anda adalah bagian dari mesin besar, tapi di perusahaan kecil anda dapat belajar tentang passion dan semangat. Anda belajar tentang mimpi dan anda akan mempelajari banyak hal dalam satu waktu. Jadi sebelum usia anda 30, bukan perusahaan mana yang anda tuju tapi bos mana yang anda akan ikuti, karena bos yang baik akan mengajari anda dengan cara yang berbeda.

Usia 30 - 40

Antara usia 30 sampai 40 tahun anda perlu benar-benar memikirkan apakah anda ingin bekerja sendiri atau menjadi seorang entrepreneur. Yang jelas, anda harus melakukan semua hal yang benar-benar anda kuasai. Jangan pernah berpikir untuk memulai sesuatu yang baru karena itu sudah sangat terlambat.  Anda bisa saja sukses, tapi tingkat pengorbanannya terlalu tinggi.

Usia 40 - 60

Jadi antara usia 40 sampai 50 tahun, anda harus fokus mengerjakan hal-hal yang memang anda kuasai. Tetapi bagi anda yang berusia 50 sampai 60 tahun, bekerjalah untuk anak muda, karena anak muda bekerja jauh lebih baik dari anda, jadi andalkanlah mereka. Berinvestasilah pada mereka dan pastikan mereka memang bekerja dengan baik.

Ketika anda sudah di atas usia 60 tahun, nikmatilah waktu anda, entah itu berada di pantai menikmati sinar matahari atau hal lainnya. Yang jelas sudah terlambat bagi anda untuk berubah.

Motivasi Jack Ma tentang Penyesalannya

Mengenai penyesalan, Jack Ma sempat mengatakan bahwa banyak yang ia sesali. Ia menyesal bertemu dengan media, ia menyesal berbicara di depan publik karena seharusnya ia bisa melindungi privasi nya dia menyesal bekerja begitu keras dan menghabiskan waktu yang sangat minim dengan keluarganya.

Dan ia juga mengatakan jika saya memiliki kesempatan untuk hidup yang berbeda, saya tidak akan pernah melakukan hal ini semua. Karena istri saya sempat berkata, kamu bukan milik saya, kamu adalah milik Alibaba.

Tapi hidup itu sangat singkat, semua ini bicara tentang pengalaman. Orang memandang dari sisi yang berbeda, beberapa orang berpikir anda kaya, anda sukses, tapi sebetulnya tidak. Beberapa orang mengira ia tidak memiliki uang, ia orang yang menyedihkan, tapi bisa saja tidak. Setiap orang memiliki jalan hidupnya sendiri.

Jack Ma pun sempat sedih, ia mengatakan saya menangis karena kami punya banyak masalah yang orang lain tidak pernah bayangkan. Saya mendirikan perusahaan dan saya mempekerjakan 4000 orang orang muda dan menjalankan perusahaan yang lebih besar dengan 500 juta orang. Jika 1% saja di antaranya adalah orang-orang jahat, maka artinya anda bekerja dengan 5 juta orang jahat, jadi itu sangat memusingkan. Tapi saat ini sudah terlambat untuk menyesal, lupakan tentang penyesalan dan pikirkan saya masih punya 10 sampai 20 tahun lagi. Nikmatilah pertunjukannya dan nikmatilah perjalanannya.

Jadi demikianlah motivasi dari Jack Ma, seorang billionaire yang sempat merasakan 1000 kali kegagalan dan menjadi inspirasi untuk anak muda.


Semoga bermanfaat..
Baca Juga