√ 7 Peluang Usaha Sampingan di Lingkungan Kampus yang Menjanjikan

Peluang Usaha Sampingan di Lingkungan Kampus
Peluang Usaha Sampingan di Lingkungan Kampus

Peluang Usaha Sampingan di Lingkungan Kampus - Bagi sobat yang berstatus sebagai mahasiswa atau anak kuliah pasti  pernah memikirkan tentang peluang usaha sampingan apa yang cocok untuk dijalankan di lingkungan kampus dan sekitarnya. Iya kan?

Hal ini sangatlah wajar, karena semakin dewasa seseorang, maka dia akan berusaha untuk membiayai kebutuhan hidupnya sendiri. Walaupun tidaklah mudah untuk mencari penghasilan, namun dengan adanya tekad dan semangat yang tinggi maka semuanya pasti bisa didapatkan.

Sebagai seorang mahasiswa yang belum pernah mencoba untuk mencari usaha pasti akan merasakan keraguan dalam memulainya. Maka dari itu, sobat harus sudah membangun  mental seorang entrepreneur terlebih dahulu dalam diri sendiri.

Dengan membiasakan diri untuk menjadi pribadi seorang entrepreneur atau pengusaha, maka sobat mahasiswa / anak kuliah akan lebih mudah untuk mencari dan memulai peluang usaha sampingan yang akan dijalankan di lingkungan kampus. Sobat pun bisa dengan mudah menghalau ketakutan-ketakutan yang biasa dialami oleh pemula dalam memulai bisnis.

Bagi sobat mahasiswa yang sedang merasa kebingungan untuk mencari ide peluang usaha sampingan apa yang bisa dilakukan di lingkungan kampus, maka artikel ini bisa menjadi salah satu solusinya. Tapi yang perlu sobat ingat yaitu peluang usaha ini hanyalah sampingan, dan tugas utama sobat sebagai mahasiswa adalah belajar. Ok


Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa di Lingkungan Kampus

Berikut ini adalah beberapa contoh peluang usaha sampingan untuk mahasiswa yang bisa di jalankan di lingkungan kampus. Dan pastinya usaha ini akan sangat menguntungkan apabila sobat mengerjakannya dengan serius:

1. Jualan Makanan Berat/Ringan

Peluang Usaha Sampingan di Lingkungan Kampus
Jualan Makanan Berat/Ringan

Bisnis makanan termasuk peluang usaha sampingan mahasiswa yang menjanjikan dan cocok untuk dijalankan di lingkungan kampus. Karena makanan adalah kebutuhan manusia yang tidak ada habisnya. Ketika pagi hari mungkin banyak mahasiswa lain yang belum sempat untuk sarapan, sobat bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk jualan makanan sarapan.

Ketika jam-jam kosong atau istirahat mungkin banyak teman yang malas untuk pergi ke kantin mencari jajan, sobat bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual makanan ringan. Intinya, teman-teman kampus bisa dijadikan ladang penghasilan yang sangat menguntungkan bagi sobat.

2. Usaha Jualan Minuman di Lingkungan Kampus

Peluang Usaha Sampingan di Lingkungan Kampus
Usaha Jualan Minuman di Lingkungan Kampus

Menjual minuman juga termasuk salah satu peluang usaha sampingan mahasiswa yang menguntungkan dan cocok dijalankan di lingkungan kampus. Karena minuman juga adalah kebutuhan pokok yang tidak ada habisnya. Bayangkan saja apabila sobat makan tanpa minum, pasti sangat menyiksa kan?

Minuman pun bahkan lebih pokok daripada makanan. Karena itu, jualan minuman termasuk bisnis yang menguntungkan. Terlebih lagi apabila kampus sobat termasuk lingkungan yang panas, maka berjualan minuman ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai peluang usaha sampingan.

Setelah selesai jam kuliah biasanya akan banyak yang merasa haus, sobat bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berjualan minuman dingin. Dijamin pasti laris manis.

3. Jualan Kebutuhan Aksesoris

Peluang Usaha Sampingan di Lingkungan Kampus
Jualan Kebutuhan Aksesoris

Jualan kebutuhan aksesoris ini banyak macamnya, seperti aksesoris dalam fashion, aksesoris belajar, aksesoris gadget, dan lain-lain. Kebutuhan aksesoris ini sangat laris di pasaran. Karena setiap orang pasti membutuhkannya, bahkan ada yang memiliki lebih dari dua buah dalam satu jenis aksesoris.

Sebagai mahasiswa / anak kuliah yang membutuhkan penghasilan tambahan, kesempatan ini bisa sobat manfaatkan sebagai peluang usaha sampingan di lingkungan kampus yang sangat menguntungkan. Apabila sobat merasa tidak memiliki modal untuk memulai bisnis ini, maka sobat bisa memulainya dengan dropship, yaitu menjualkan barang milik orang lain

Mahasiswa rata-rata mempunyai banyak kebutuhan aksesoris, seperti tas, sepatu, topi, kondom hp, headset, buku, dan lain-lain. Tas pun banyak macamnya, seperti tas selempang, tas gendong, tas besar, tas kecil tas cowok/cewek, dan lain-lain. Satu orang bisa memiliki banyak tas, sepatu, maupun kebutuhan aksesoris lainnya. Maka dari itu, manfaatkanlah kesempatan ini sobat.

4. Bisnis Pulsa dan Paket Internet

Peluang Usaha Sampingan di Lingkungan Kampus
Jualan Pulsa dan Paket Internet

Semakin berkembangnya zaman, hampir tidak ada anak kuliah zaman sekarang ini yang tidak memiliki gadget. Tidak bisa dipungkiri, saat ini kebutuhan manusia pada gadget sangatlah besar. Tidak hanya sekedar untuk komunikasi, tapi gadget juga bisa dijadikan sebagai jendela wawasan apabila digunakan dengan benar.

Hampir setiap orang memiliki gadget, dan setiap gadget pasti membutuhkan makanan berupa pulsa dan paket internet. Kesempatan ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai peluang usaha sampingan bagi anak kuliah di lingkungan kampus. Beritahukan teman-teman bahwa sobat menjual pulsa dan paket internet, dan profesi sobat sebagai penjual pulsa dan paket internet akan menyebar, dan sobat akan menjadi mudah untuk mendapatkan konsumen.

Catatan: Mungkin sebagian besar dari sobat akan merasa malu untuk berjualan, hal ini wajar dialami oleh pemula. Tapi sobat harus melawan rasa malu itu apabila sobat ingin mendapatkan penghasilan. Rasa malu itu muncul karena sobat belum pernah melakukannya, apabila sobat serius dalam bisnis ini maka rasa malu lama kelamaan akan menghilang dengan sendirinya. Hanya butuh pembiasaan agar terbiasa dengan pekerjaan.

5. Jasa Pengetikan

Peluang Usaha Sampingan di Lingkungan Kampus
Jasa Pengetikan

Sebagai anak kuliah, pasti akan sering mendapatkan tugas membuat artikel atau makalah dari dosen. Ada juga yang mendapatkan tugas sekaligus banyak, dan kemungkinan dia akan merasa malas untuk mengerjakannya. Nah, sobat bisa menawarkan jasa untuk mengetik dengan bayaran sesuai persetujuan.

Semakin banyak permintaan untuk mengetik, semakin banyak pula keuntungan yang akan sobat dapatkan. Bahkan tidak sedikit dari mahasiswa semester akhir yang rela membayar mahal untuk orang yang mau mengetik tugas skripsi mereka.

Peluang ini bisa sobat jadikan sebagai usaha sampingan yang menguntungkan, dan peluang usaha ini memanglah cocok sekali dijalankan di lingkungan kampus. Tapi apabila sobat ingin menjalankan usaha ini, maka sobat harus memiliki fasilitas pendukungnya yaitu laptop. Bayangkan saja apabila sobat ingin membuka jasa pengetikan tapi tidak memiliki laptop, pasti sangat susah bukan? Apakah ingin meminjam laptop teman? Pasti lama-kelamaan akan merasa tidak enak.

6. Jasa Les Privat

Peluang Usaha Sampingan di Lingkungan Kampus
Jasa Les Privat

Peluang usaha sampingan anak kuliah yang satu ini lebih tepatnya untuk dijalankan di sekitar kampus, bukan di lingkungan kampus. Banyak orang tua di zaman sekarang ini yang lebih memilih untuk membayar seorang guru privat daripada mengajar sendiri, biasanya hal ini terjadi karena kesibukan orang tua.

Tidak sedikit orang tua di sekitar kampus yang mencari guru privat dari mahasiswa, karena mahasiswa dianggap memiliki banyak ilmu dan pandai mengajar. Apabila sobat merasa memiliki kemampuan mengajar yang baik, maka sobat bisa menawarkan jasa les privat. Tapi pastinya orang yang akan sobat ajar adalah dengan umur atau tingkat sekolah yang lebih rendah.

Zaman sekarang sudah lebih mudah untuk mendapatkan murid privat, karna sekarang ini sudah banyak tersedia situs untuk menjadi guru privat. Kita bisa menentukan harga dan kategori pelajaran. Beberapa situs yang dapat anda coba yaitu: Kelas Kita, Gotraining, dan Ruang Guru.

7. Penulis Artikel

Peluang Usaha Sampingan di Lingkungan Kampus
Penulis Artikel

Menulis adalah makanan sehari-hari seorang mahasiswa, dan hal ini pun bisa dijadikan sebagai peluang usaha sampingan yang menguntungkan. Dengan banyaknya tugas-tugas yang diberikan dosen, maka sobat yang berstatus sebagai mahasiswa pun mau tidak mau pasti akan banyak menulis atau mengetik. Dan semakin sering sobat menulis, maka lama-kelamaan sobat akan terbiasa membuat tulisan-tulisan panjang.

Sobat bisa memanfaatkan kemampuan menulis itu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sobat bisa menjual tulisan-tulisan hasil karya sobat ke orang-orang yang mencari jasa pembuatan artikel. Atau sobat juga bisa menerbitkan sendiri tulisan karya sobat dengan blog, bisnis dari blog pun bisa mendatangkan keuntungan yang besar loh.

Maka dari itu, tidaklah rugi apabila sobat sering menulis artikel. Karena hal itu dapat dijadikan peluang usaha sampingan yang sangat menguntungkan, terkhusus untuk sobat mahasiswa yang berada di lingkungan kampus.

Itulah beberapa ide peluang usaha sampingan untuk mahasiswa dari saya, dan pastinya usaha ini sangat cocok untuk dijalankan di lingkungan kampus dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar apabila sobat menjalankannya dengan serius. Intinya, kuatkan tekad sobat dalam memulai usaha dan jalankan dengan konsisten. Semoga bermanfaat..

###
Sumber gambar: pixabay.com