Mengenal Perbedaan antara Artikel dan Jurnal

Daftar Isi [Lihat]

Perbedaan antara Artikel dan Jurnal
Perbedaan antara Artikel dan Jurnal

Perbedaan antara Artikel dan Jurnal - Anda semua pastinya pernah mendengar kata “artikel” dan “jurnal” bukan? Lalu apakah anda mengira bahwa kedua kata tersebut memiliki arti yang sama atau sudah tahu bila keduanya memiliki perbedaan?

Mungkin tidak sedikit orang yang mengira bahwa artikel dan jurnal adalah dua hal yang sama, padahal bila dipahami lebih dalam ternyata keduanya memiliki makna yang berbeda.

Bila anda termasuk salah satu yang masih bingung tentang bedanya artikel dan jurnal, maka pembahasan kali ini bagus untuk anda baca..

Pengertian Artikel dan Jurnal

Sebelum membahas tentang perbedaan dari artikel dan jurnal, maka kita perlu tahu dahulu apa pengertiannya masing-masing.

Pengertian Artikel

Kata artikel mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, pengertian dari artikel sendiri adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam suatu jurnal atau pun buku kumpulan artikel yang ditulis dengan pedoman tata cara ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan.

Artikel dibuat dari hasil penelitian lapangan, hasil kajian pustaka, hasil pemikiran atau pun hasil dari pengembangan projek. Jika dilihat dari segi sistematika penulisan dan isinya, maka artikel terbagi menjadi dua yaitu: artikel penelitian dan non penelitian.

Pengertian Jurnal

Bagi anda yang terjun dalam bidang akademik atau dunia ilmiah pasti sudah tidak asing lagi dengan kata jurnal. Pengertian dari jurnal yaitu periodik yang isinya adalah sejumlah artikel yang diterbitkan secara berkala pada interval tertentu. Jurnal biasanya diterbitkan setiap bulan atau tiga bulan sekali, atau di beberapa kasus jurnal diterbitkan secara tahunan. Jurnal terbagi menjadi tiga jenis, yaitu: popular journalsprofesional of trade journal, dan scholarly journal.

Perbedaan Artikel dan Jurnal

Setelah membahas tentang pengertian singkat di atas, maka dapat kita simpulkan perbedaan antara artikel dan jurnal yaitu: Jurnal berisi beberapa artikel, dan artikel tidak bisa disebut sebagai jurnal karena pokok pembahasan tentang satu objek dengan menentukan metodologi dan kata kunci tertentu. Jurnal hanya menyaring artikel untuk dijadikan satu pokok pembahasan.

Nah inilah pembahasan singkat tentang pengertian artikel dan jurnal beserta perbedaannya. Semoga dapat menjadi wawasan baru bagi anda setelah membaca artikel diatas.

Khabar.my.id