21 Tips Sukses Memulai Usaha yang Harus Kamu Lakukan

Tips Sukses Memulai Usaha
Tips Sukses Memulai Usaha

Tips Sukses Memulai Usaha -- Bagi anda yang belum pernah menjalankan sebuah usaha atau bisnis, pasti akan merasa bingung untuk memulainya darimana? Apa saja yang harus dipersiapkan? Apa saja yang harus dilakukan? Dll.

Lalu, apa sajakah tips yang harus dilakukan agar kita dapat sukses dalam memulai sebuah usaha?

Nah, bagi anda yang masih kebingungan, maka bacalah satu per satu tips sukses dalam memulai usaha berikut. Kemudian pikirkan dan rencanakanlah usaha apa yang akan anda mulai.

Tips Jitu agar Sukses dalam Memulai Usaha

Berikut ini adalah beberapa tips yang harus anda terapkan agar anda bisa menjadi salah satu dari mereka yang sukses dalam memulai usaha dan bisnisnya:

1. Tekad yang Kuat

Tekad atau niat yang kuat adalah sumber keberhasilan. Maka dari itu, sebelum anda memutuskan untuk memulai sebuah usaha, maka anda harus terlebih dahulu menguatkan tekad dalam diri anda.

Tekad yang kuat akan selalu membimbing dan memotivasi anda untuk meraih kesuksesan. Begitu pun sebaliknya, bila tekad yang anda miliki masih lemah, maka anda akan mudah menyerah. Semakin kuat tekad yang anda miliki, maka semakin besar kemungkinan untuk meraih kesuksesan.

2. Berdoa dengan Giat

Tak hanya tekad saja yang dibutuhkan, namun doa juga adalah salah satu tips penting yang harus dilakukan agar sukses dalam memulai sebuah usaha. Dengan berdoa, sama halnya kita berserah diri dan meminta bimbingan kepada Yang Maha Kuasa, karena pada hakikatnya hanya di tangan-Nya lah segala keputusan ditetapkan.

Berusaha tanpa doa ibarat orang yang sombong, dan berdoa tanpa usaha adalah sia-sia.

3. Meyakinkan Diri Sendiri

Sebelum memulai sebuah usaha, anda harus meyakinkan diri bahwa anda bisa meraih kesuksesan. Dengan keyakinan itulah semangat anda akan terus membara. Yakinkanlah diri bahwa anda pasti bisa melakukannya, anda pasti bisa meraih kesuksesan.

Kuatkanlah mental, kuatkanlah keyakinan. Karena disitulah letak keberhasilan. Bila anda tidak yakin pada diri sendiri, maka bagaimana anda akan meraih kesuksesan?

4. Survey Peluang Usaha

Melakukan survey adalah hal penting, karena dengannya anda bisa mengetahui peluang usaha apa yang cocok untuk dijalankan di lingkungan anda. Dan dengannya pula, kesuksesan akan lebih mudah direncanakan. Jangan lakukan survey hanya sesekali, tapi lakukanlah beberapa kali supaya anda bisa benar-benar tahu peluang apa yang paling untuk dijalankan.

5. Menentukan Ide Cemerlang

Ide yang cemerlang adalah sumber usaha anda dimulai. Maka dari itu, hal ini termasuk tips penting yang harus dilakukan oleh seseorang agar sukses dalam memulai sebuah usaha. Ide cemerlang ini bisa didapatkan dengan melakukan survey terhadap lingkungan sekitar, survey tentang kebutuhan pasar, survey keuntungan, dll. Makanya, survey (no.4) menjadi tips penting agar sukses dalam memulai usaha.

Baca juga: Ide Bisnis Kreatif dengan Modal Laptop dan Internet

6. Mulailah dengan yang Anda Kuasai/Suka

Memulai usaha dengan hal-hal yang dikuasai atau disukai jelas lebih mudah untuk dijalankan. Karena pastinya kita sudah tahu cara memulai dan menjalankannya, hanya membutuhkan pengembangan-pengembangan.

Tapi tidak semua usaha yang dimulai dari hal-hal yang disukai dapat menghasilkan keuntungan. Maka dari itu, sekali lagi saya tekankan tentang pentingnya melakukan survey sebelum memulai usaha.

7. Fokus Pada Satu Usaha

Sebagai seorang pemula, sebaiknya anda tidak langsung mengerjakan banyak macam usaha dahulu. Sebaiknya anda hanya fokus pada satu usaha yang benar-benar bisa dijalankan dengan serius dan mendapatkan penghasilan. Karena apabila anda langsung mengerjakan banyak macam usaha dalam satu waktu, yang ditakutkan usaha-usaha itu bukannya menguntungkan tapi malah menjadi buntung. Bila tidak biasa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, bisa jadi semua kerjaan itu akan berantakan.

8. Menentukan Visi dan Misi

Menentukan visi dan misi adalah tips penting agar sukses dalam memulai usaha. Karena dengan adanya visi dan misi, maka akan jelaslah arah tujuan, dan hal ini dapat menjadi pedoman anda dalam memulai usaha. Dan dengan adanya visi dan misi ini, dapat menjadi penyemangat ketika kita merasa lelah dan ingin menyerah.

9. Siapkan Modal atau Penunjang Usaha

Bila usaha yang akan anda jalankan adalah jenis usaha yang membutuhkan modal,maka anda harus menyiapkan modalnya terlebih dahulu. Bila anda tidak memiliki modal, maka anda bisa saja meminjamnya kepada orang tua, saudara, atau teman. Tapi anda jangan sampai salah orang untuk meminjam modal, anda harus meminjam dengan tanpa adanya bunga. Karena bunga pinjaman itu sangatlah berbahaya dan merugikan.

Dan apabila usaha yang akan anda jalankan adalah jenis usaha yang tidak membutuhkan modal/uang, maka setidaknya anda harus memiliki alat penunjangnya. Contohnya bisnis dropship, walaupun usaha ini tidak membutuhkan modal namun anda sangat membutuhkan adanya gadget sebagai penunjang dalam menjalankan usaha ini.

10. Menyusun Rencana Jangka Panjang

Tips sukses dalam memulai usaha kali ini hampir sama dengan no. 8, tapi kali ini lebih detail. Bila visi dan misi adalah tujuan, maka rencana jangka panjang adalah metode atau jalan yang akan dilalui agar kita bisa sampai tujuan dengan selamat. Dengan menyiapkan dan menyusun sebuah rencana, pasti jalan usaha kita akan lebih terkondisi dan teratur. Asal kita tetap patuh terhadap rencana kita dan tidak menyeleweng ke jalan lain.

11. Siap Menerima Saran dan Kritik

Mendapat saran atau kritikan saat memulai sebuah usaha itu adalah hal biasa, apalagi bila anda baru pertama kali memulai usaha. Bila anda ingin sukses dalam memulai usaha, maka lakukanlah tips ini, yaitu bersedia menerima setiap saran dan kritik yang dilontarkan kepada anda. Karena sejatinya, saran dan kritik itu justru menjadi energi dan penyemangat bagi anda agar terus memperbaiki usaha anda.

12. Teruslah Belajar

Belajar memang tidak ada habisnya, sampai kapan pun kita tetap harus belajar, bahkan apabila kita sudah menjadi orang sukses pun harus tetap belajar. Setiap kesalahan yang kita lakukan bisa kita jadikan bahan pelajaran. Setiap saran dan kritik yang orang lain lontarkan kepada kita juga kita bisa jadikan pelajaran. Karena memang sebaik-baik guru adalah pengalaman.

Orang sukses saja masih belajar, apakah pantas kita sebagai pemula untuk enggan belajar?

13. Jangan Terburu-Buru Merasa Puas

Segala yang terburu-buru memang tidak baik, maka dari itu hal ini menjadi salah satu tips penting agar sukses dalam memulai usaha. Misalnya baru saja sekali mencoba berdagang, dan seketika mendapat keuntungan yang besar, lalu esok hari jadi enggan berdagang lagi karena sudah merasa puas. Hal ini bukanlah sesuatu yang baik. Harusnya kita menjadi lebih bersemangat untuk selalu menjalankan usaha.

14. Ulet dan Tekun

Ulet dan tekun, tanpa memiliki sifat ini, maka seseorang akan sulit untuk meraih sebuah kesuksesan. Bagaimana kita akan sukses jika kerjaannya hanya malas-malasan? Maka dari itu diperlukan ketekunan dalam memulai dan menjalankan sebuah usaha, karena itu adalah salah satu tips penting untuk meraih kata sukses.

15. Sabar dalam Usaha

Sabar adalah kunci kebaikan dan kesuksesan. Karena orang yang mampu bersabar ketika mendapat masalah itu sangat sedikit. Karena itu, mereka yang selalu sabar ketika menghadapi kegagalan dan terus mencoba untuk bangkit adalah orang yang memiliki jiwa-jiwa sukses.

Baca juga: 7 Peluang Usaha di Lingkungan Kampus yang Menjanjikan

16. Selalu Bersyukur

Tidak sedikit orang yang lupa bersyukur ketika mendapatkan keuntungan, hal ini bukanlah hal yang baik. Nah, bagi anda yang merasa sudah mendapat keuntungan, tetaplah bersyukur walaupun keuntungan itu hanya sedikit. Dan bila tidak mendapat untung alias buntung, maka anda harus bersabar dan terus bangkit dan berusaha. Yakinlah anda, dengan syukur dan sabar anda bisa meraih kesuksesan.

17. Pandai Mengatur Keuangan

Pandai mengatur keuangan, jumlah pengeluaran haruslah lebih kecil dari jumlah pemasukan. Jika seorang pengusaha tidak pandai mengatur pemasukan dan pengeluaran uangnya, maka kemungkinan besar ia akan mengalami kebangkrutan dan kegagalan.

18. Rajin Mengoreksi Kekurangan dan Memperbaikinya

Ada kekurangan itu adalah hal yang wajar, bukankah begitu sobat? Yang tidak wajar adalah apabila seseorang mengetahui kekurangan tapi tidak mau memperbaikinya. Salah satu tips sukses dalam memulai sebuah usaha adalah dengan mau mengoreksi kekurangan dan memperbaikinya. Kekurangan itu bisa juga kita ketahui dari saran dan kritik yang disampaikan orang lain.

Ada orang yang ketika mengetahui bahwa usahanya memiliki cacat atau kekurangan, ia justru memilih untuk berhenti daripada memperbaikinya. Nah, saya yakin anda pasti bukan orang yang begitu, karena anda adalah calon orang sukses, pasti anda selalu berusaha memperbaiki kekurangan yang ada.

19. Pantang Menyerah

Orang-orang sukses pasti memiliki sifat yang satu ini, karena sifat inilah yang membawa mereka kepada kesuksesan. Tips penting ini harus anda praktekkan dalam memulai usaha bila ingin sukses. Meskipun biasanya di awal-awal memulai usaha terdapat banyak hambatan, jalan sukses pun masih samar-samar, apalagi kata ‘sukses’ belum kelihatan sama sekali. Anda harus menjadi orang yang memiliki sifat pantang menyerah ini, pasti suatu saat anda akan menemukan kesuksesan itu. Yakinlah.

20. Berani Menghadapi Kegagalan

Kegagalan dalam memulai usaha itu adalah hal yang sangat wajar, malah sangat sedikit sekali atau mungkin tidak ada orang sukses yang belum pernah mengalami kegagalan. Di antara mereka ada yang merasakan 3 kali kegagalan, puluhan, bahkan ratusan kali kegagalan. Tapi apa yang membuat mereka berhasil melewatinya? Yaitu mereka tidak takut untuk menghadapi kegagalan dan kemudian selalu bangkit darinya.

21. Lakukanlah Sekarang!

Sobat yang terhormat, artikel ini tidaklah bermanfaat apabila hanya dijadikan sebagai bacaan semata. Dan anda pun tidak akan mendapat manfaat apabila hanya menjadikan artikel ini sebagai bacaan saja. Lakukanlah sobat! Lakukan dan praktekkan lah tips-tips sukses dalam memulai usaha ini. Yakinlah sobat, dengan tekad yang kuat, doa yang giat, dan usaha yang semangat, anda pasti bisa menempuh jalan kesuksesan dan meraih sebutan sebagai ‘orang sukses’ itu.

Itulah beberapa tips sukses dalam memulai usaha dari saya, semoga setelah membaca artikel ini, semangat anda bisa tergugah, kekuatan anda terbangun, kemudian memulai sebuah usaha dengan optimis dan konsisten.

Semoga bermanfaat..

Khabar.my.id