Pengertian dan Perbedaan antara Artikel & Berita

Pengertian dan Perbedaan antara Artikel dan Berita
Pengertian dan Perbedaan antara Artikel dan Berita

Pengertian dan Perbedaan antara Artikel dan Berita - Mungkin anda semua sering mendengar kata artikel dan berita, tapi apakah anda sudah tahu apa pengertiannya? Dan apakah anda sudah tahu apa saja perbedaan diantara keduanya?

Anda pasti pernah melihat berita di televisi, YouTube, atau membacanya di Google. Untuk yang kita tonton di televisi atau YouTube sudah pasti bahwa itu adalah berita, dan kita pun bisa langsung mengetahuinya. Tapi untuk tulisan yang kita baca di internet ataupun media cetak, belum tentu masuk kategori berita, dan bisa jadi masuk ke dalam kategori artikel.

Nah bagi anda yang masih merasa bingung tentang pengertian dan perbedaan diantara keduanya, maka pembahasan kali ini cocok untuk anda.

Pengertian Artikel dan Berita

Sebelum membahas tentang perbedaan, alangkah baiknya kita mengetahui apa pengertian dari artikel dan berita. Yuk disimak..

Pengertian Artikel

Pengertian artikel menurut wikipedia adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak seperti koran, majalah, buletin, yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Pengertian Berita

Sedangkan pengertian berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, dan disajikan dalam bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.

Sampai disini sudah jelas ya mengenai pengertian artikel dan berita. Mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya.

Perbedaan antara Artikel dan Berita

Dan berikut ini adalah beberapa perbedaan artikel dan berita yang seharusnya kita pahami:
  1. Artikel memberikan informasi mengenai kejadian faktual, yang artinya nyata. Sedangkan berita memberikan informasi mengenai peristiwa dan kejadian yang aktual / terkini.
  2. Artikel dibuat dengan disertai analisis terhadap informasinya, sedangkan berita tidak disertai.
  3. Artikel dibuat dengan konsep 2W + 1H (What, Why, dan How), sedangkan berita memiliki konsep 5W + 1H (What, Who, Where, When, Why, dan How)
  4. Artikel sifatnya tetap, sedangkan berita hanya sementara dan cepat basi bila muncul berita baru lainnya.
  5. Artikel dibuat oleh orang yang paham dalam bidangnya, sedangkan berita dibuat oleh redaksi.
  6. Artikel berisi tentang ilmu pengetahuan, sedangkan berita adalah informasi tentang peristiwa dan kejadian.

Penutup

Inilah pembahasan singkat tentang pengertian dan perbedaan antara artikel dan berita, semoga artikel ini dapat menjadi wawasan baru bagi anda. Semoga bermanfaat..

Khabar.my.id