3 Penyebab Hp Lemot dan Cara Mudah untuk Mengatasinya

Daftar Isi [Lihat]
Penyebab Hp Lemot dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Penyebab Hp Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab Hp Lemot dan Cara Mengatasinya - Hampir setiap orang pastinya memiliki perangkat smartphone, ada yang biasa saja dan ada juga yang bagus sekali. Sebagus apapun hp yang ada, pastinya suatu saat akan mengalami penurunan kinerja dan dapat menjadikan hp terasa lemot dan lambat.

Saat ini saya pribadi hanya menggunakan Hp dengan kapasitas RAM 2 GB, tapi Alhamdulillah saya tidak merasakan kinerja yang lambat atau pun lemot pada Hp yang saya miliki.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan Hp lemot, dan kamu pun perlu tahu apa saja penyebab Hp menjadi lemot dan bagaimana cara mengatasinya. Diantara banyak penyebab, setidaknya ada 3 faktor utama yang biasa terjadi dan akan kita bahas berikut ini.

Penyebab Hp Menjadi Lemot dan Cara Mengatasinya

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Penyebab Hp menjadi lemot yang pertama yaitu terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Walaupun Hp tidak sedang digunakan, namun tanpa kita sadari sebenarnya ada beberapa aplikasi yang masih berjalan.

Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka hal ini pastinya dapat menyebabkan Hp menjadi lambat dan lemot. Bisa diibaratkan, semakin banyak beban hidup seseorang pastinya membuat ia semakin berat untuk menjalani kehidupan.

Cara mengatasi:
  • Buka pengaturan > cari aplikasi yang sedang berjalan > hentikan aplikasi yang tidak digunakan.

2. Terlalu Banyak File dan Aplikasi di Memori Internal

Terlalu banyak menyimpan file dan aplikasi di dalam memori internal juga menjadi penyebab Hp lemot, terlebih lagi apabila kapasitas memori yang dimiliki hanya sedikit.

Bayangkan saja hp dengan memori internal 16 GB diisi dengan banyak aplikasi berat dan menyimpan banyak foto dan video, pasti Hp tersebut akan terasa berat. Tapi hal ini tidak berlaku untuk Hp dengan kapasitas besar.

Ibarat mobil apabila membawa banyak muatan pasti semakin berat untuk melaju, betul kan?

Cara mengatasi:
  • Gunakan memori eksternal
  • Hapus aplikasi yang tidak terpakai
  • Hapus file yang tidak terpakai

3. Terlalu Banyak Data Cache yang Tersimpan

Cache adalah tempat sementara untuk menyimpan data dari aplikasi yang sedang digunakan atau yang pernah digunakan. Jika cache dibiarkan saja maka semakin lama akan menumpuk dan membuat hp menjadi lemot.

Dan ternyata masih banyak yang belum tahu tentang apa itu cache. Banyak yang mengeluhkan Hp-nya penuh padahal aplikasi yang diinstal hanya sedikit, dan setelah diperiksa ternyata cache pada aplikasi sudah menumpuk banyak.

Cara mengatasi:
  • Hapus cache yang sudah menumpuk melalui pengaturan

Nah, itulah 3 penyebab Hp lemot yang biasa terjadi serta cara mudah untuk mengatasinya. Apabila kita tahu cara untuk merawat Hp, pastinya Hp dengan kapasitas RAM dan memori kecil pun tidak akan menjadi lambat dan lemot. Semoga bermanfaat..