8 Tips Rahasia Meningkatkan Jualan di Shopee Biar Semakin Laris

Daftar Isi [Lihat]

Advertisement

Tips Rahasia Meningkatkan Jualan di Shopee Biar Semakin Laris
Tips Rahasia Meningkatkan Jualan di Shopee Biar Semakin Laris

Tips Rahasia Meningkatkan Jualan di Shopee Biar Semakin Laris - Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang baru diluncurkan pada tahun 2015, meskipun umurnya lebih mudah dibanding marketplace lainnya, namun perkembangan Shopee sangatlah cepat dan drastis. Saat ini hampir semua orang pastinya sudah tidak asing lagi mendengar nama Shopee.

Semenjak diluncurkan, Shopee sudah banyak membantu pada penjual untuk memasarkan produknya lebih luas lagi, hingga saat ini sudah ada banyak sekali pedagang yang sukses melalui Shopee. Marketplace juga sangat membantu para penggunanya untuk mencari barang murah dengan lebih mudah.

Adapun pada artikel ini, kita akan membahas mengenai:
  • Tips jualan di Shopee biar lebih laris
  • Rahasia meningkatkan penjualan di Shopee untuk pemula
  • Cara berjualan di Shopee agar cepat laku


Tips Rahasia Meningkatkan Jualan di Shopee Biar Semakin Laris

Menjual barang di Shopee memang sangat mudah, tapi bagaimana caranya memastikan produk kita agar laris terjual? Jangan khawatir, beberapa tips berikut ini dapat membantu untuk meningkatkan penjualan di Shopee:

1. Pastikan Foto Produk Menarik

Penggunaan foto yang baik dan menarik dapat membantu penjualan di toko kita. Jika menjual pakaian, kita dapat mengambil foto dengan model yang mengenakan pakaian tersebut atau tata dengan gantungan pakaian. Pilih latar belakang dengan warna yang datar dan ambil fotonya dengan pencahayaan yang terang agar barang Anda terlihat menonjol. Jangan lupa bereksperimen dengan sudut pandang yang unik, karena hal ini dapat membuat foto dan produk kita terlihat lebih menarik.

2. Buat Deskripsi Produk yang Jelas

Memberikan deskripsi produk yang lengkap dan jelas dapat membuat pelanggan lebih mudah untuk memahami produk yang kita jual. Maka dari itu, pastikan kita selalu memberikan semua informasi yang perlu diketahui mengenai produk yang dijual, seperti alasan menjual, harga asli, kondisi, warna, ukuran, bahan dan segala kerusakan maupun kecacatan.

3. Tetapkan Harga yang Paling Baik

Hampir semua pelanggan memperhatikan dan membandingkan harga sebelum membeli barang. Orang-orang pasti selalu mencari barang bagus dengan harga paling murah. Memberikan harga murah akan membuka peluang larisnya produk yang kita jual, tapi sebelum itu pastikan kita sudah membandingkan dengan toko lain. Jangan sampai kita rugi karna menjual barang terlalu murah.

4. Berikan Pelayanan yang Memuaskan

Usahakanlah untuk selalu bersikap ramah, perhatian dan cepat tanggap terhadap pelanggan di toko kita. Beberapa sentuhan personal akan memberikan kesan dan pengalaman yang jauh lebih baik. Kita dapat melakukan pengiriman pada hari yang sama, potongan harga untuk pengambilan barang langsung sendiri, catatan-catatan terima kasih ataupun tunjangan lain yang dapat membantu. Hal ini dapat membuat pelanggan senang dan termasuk cara ampuh untuk meningkatkan penjualan toko kita di Shopee.

5. Lakukanlah Promosi Berkala

Promo dan diskon adalah hal yang dapat membuat pelanggan menjadi senang dan semangat untuk belanja. Cobalah beberapa teknik promosi untuk melihat mana yang paling menguntungkan bagi toko kita. Akan tetapi pastikan untuk tidak terlalu berlebihan, karena pelanggan ingin produk kita, bukan cara kita berjualan.

6. Share Produk di Media Sosial

Salah satu tips rahasia agar jualan kita di Shopee menjadi lebih laris yaitu menyebarkan produk kita ke media sosial. Hal ini bertujuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Jangan lupa ajak teman untuk membantu menyebarkannya. Barangkali diantara teman kita ada yang dengan senang hati membantu menyebarkan produk bahkan membelinya.

7. Simpan Salinan Slip Pengiriman dan Dokumen-Dokumen Pengiriman Lainnya

Berikan informasi terbaru pada pelanggan dengan mengirimkan foto slip dan dokumen pengiriman untuk menunjukkan bahwa kita sudah mengirimkan barang mereka. Dokumen-dokumen ini juga dapat digunakan sebagai bukti bahwa kita telah menyelesaikan peran sebagai penjual bila pelanggan lupa mengkonfirmasi penerimaan barang, atau bila barangnya hilang. Dokumen-dokumen pengiriman barang dapat menjadi salah satu cara untuk menunjukkan bahwa toko kita laris dan diakui.

8. Selalu Mengikuti Trend

Tips rahasia agar jualan di Shopee yang terakhir adalah selalu mengikuti trend. Jika seseorang membeli produk kita, maka kita dapat berasumsi bahwa dia juga tertarik dengan produk-produk sejenis di toko kita. Maka kita harus memberikan mereka alasan untuk kembali lagi ke toko kita yaitu dengan menambahkan produk-produk baru, atau jika tidak memungkinkan, maka kita dapat kembali meluncurkan produk lama. Hal ini akan membuat pelanggan tetap setia datang ke toko kita. (Sumber: shopee.co.id)

Cara Utama Jualan di Shopee agar Laku dan Laris

Selain cara-cara yang disebutkan di atas, masih ada beberapa cara lain yang harus dilakukan agar jualan kita di Shopee laku dan laris, yaitu:
  • Berdoa
  • Konsisten
  • Selalu Berinovasi
  • Sabar

Penutup

Itulah beberapa tips dan cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan jualan di Shopee agar semakin laris. Yang terpenting adalah selalu berdoa dan bersabar terhadap apapun yang terjadi, meskipun toko sedang sepi tetap harus konsisten. Semoga bermanfaat..


Image: Sulastri Sulastri/Shutterstock
Baca Juga