9 Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online, No 6 Paling Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online
Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online – 
Belanja online sudah menjadi hal yang tidak asing lagi di zaman ini, yang mana pada zaman ini perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang pesat. Dalam jual beli pun sudah memiliki kemajuan, yaitu dapat dilakukan secara online.

Hal ini dapat menjadi sebuah keuntungan bagi pedagang maupun pembeli untuk melakukan transaksi  jual beli dengan lebih mudah. Seorang pedagang dapat menjual barang tanpa memiliki toko, dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas bahkan sampai seluruh Indonesia.

Sedangkan pembeli dapat membeli barang dengan mudah yang hanya melalui smartphone, bisa memilih-milih barang sesuai selera, berpindah toko dari satu ke lainnya, dan masih banyak lagi keuntungan untuk pembeli.

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Banyak kelebihan yang ditawarkan dari belanja online tersebut, tapi pastinya juga memiliki kekurangan. Bagi kamu yang masih berpikir-pikir untuk belanja online, mari simak beberapa kelebihan dan kekurangan belanja online berikut ini.

Kelebihan dan Keuntungan Belanja Online

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan keuntungan belanja online bagi pembeli:

1. Kebebasan

Kelebihan belanja online yang pertama adalah kebebasan, karna hal ini memberikan kenyamanan dalam mencari barang yang hendak dibeli. Maksud dari kebebasan disini adalah, seorang pembeli bebas melihat-lihat barang yang ingin dibeli dari sebuah toko, apabila barang kurang menarik ia bisa berpindah ke lain toko tanpa perlu ada rasa sungkan.

Berbeda halnya dengan belanja offline, pasti ada rasa kurang nyaman bila terlalu lama memilih-milih barang, dan akhirnya tidak jadi beli. Terlebih lagi apabila si penjaga toko selalu memperhatikan gerak gerik kita, pasti kurang nyaman bukan? hehe

2. Bisa Dilakukan Kapan Saja dan Dimana Saja

Kelebihan belanja online selanjutnya adalah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Entah itu ketika anda baru bangun tidur, sebelum tidur, sebelum mandi, sambil makan, atau bahkan ketika anda sedang bosan saat BAB anda dapat membuka toko online dan melakukan transaksi.

Anda dapat membeli barang keinginan anda tanpa harus keluar rumah, tanpa perlu dandan terlebih dahulu. Dan barang akan sampai di alamat anda beberapa waktu kemudian.

3. Hemat Waktu dan Tenaga

Anda sedang kelelahan tapi ingin ke pasar untuk membeli barang? Atau anda terlalu sibuk sampai tidak ada waktu untuk pergi ke pasar? Maka belanja online bisa menjadi solusi. Karna belanja secara online dapat menghemat waktu dan tenaga.

Anda dapat melakukan transaksi dengan smartphone kesayangan anda sambil tiduran di kasur, mudah bukan?

4. Privasi Aman dengan Belanja Online

Salah satu kelebihan belanja online pun kita tidak perlu malu bila hendak membeli barang-barang yang mana kita akan malu ketika membelinya secara offline atau secara langsung. Seperti contohnya ketika anda hendak membeli obat kuat, pastinya anda merasa malu/risih bila membeli secara offline, tapi ketika belanja online anda tidak perlu malu karna seringnya pedagang dan pembeli tidak saling mengenal, dan privasi anda akan terjaga.

5. Pilihan yang Bervariasi

Kelebihan lain yang ada pada belanja online adalah barang-barang yang dijual memiliki banyak variasi. Ketika anda mencari jaket pria misalnya, anda ketik saja ‘jaket pria’, maka setelah itu akan muncul banyak pilihan dan akan muncul juga kategori dari jaket pria.

Bila anda membuka salah satu toko dan merasa kurang tertarik dengan jaket yang dijual, maka anda dapat berpindah ke toko lain dan melihat-lihat varian yang berbeda.

6. Harga Murah dan Banyak Promo dan Diskon

Kelebihan menarik dari belanja online yaitu tak hanya menawarkan harga yang murah, toko-toko online pun sekarang banyak memberikan promo dan diskon kepada para customer mereka. Harga sudah murah, ditambah diskon pula, menarik bukan?

Diskon yang ditawarkan pun banyak macamnya; ada yang kecil, sedang, dan ada yang besar. Maka dari itu, bila anda beruntung, anda dapat membeli barang keinginan anda dengan harga jauh lebih murah daripada bila berbelanja secara offline.

Kekurangan dan Kelemahan Belanja Online

Dan berikut ini adalah kekurangan dan kelemahan belanja online yang dapat menjadi pertimbangan bagi pembeli:

1. Tidak Bisa Melihat dan Memegang Barang Secara Langsung

Hal inilah yang sering menjadi pertimbangan orang-orang untuk melakukan pembelian barang secara online, karna tidak dapat melihat dan memegang barang secara langsung. Alhasil, terkadang kualitas barang yang datang tidak sesuai harapan dan tidak sesuai gambar yang dipajang.

Biasanya hal ini terjadi ketika membeli pakaian, yang mana kita tidak tahu bahannya seperti apa, tidak bisa melihat ukuran, dan ketika datang ternyata barang tidak sesuai dengan ekspektasi. Tapi walaupun begitu, apabila kita membeli barang melalui marketplace yang terpercaya maka kita dapat me-retur barang, walaupun prosesnya agak ribet.

2. Ada Ongkos Kirim Menjadi Kekurangan Belanja Online

Kekurangan belanja online yang satu ini juga menjadi salah satu pertimbangan ketika hendak berbelanja secara online. Kadang sudah menemukan barang yang diinginkan dengan harga yang sesuai, tetapi ketika mengecek ongkos kirim ternyata terlalu besar, alhasil belanja offline menjadi pilihan.

Walaupun sekarang ini banyak marketplace yang menawarkan program gratis ongkir, tapi untuk beberapa keadaan hal itu tidak menjadi solusi. Misalnya ketika kita ingin membeli barang dari Batam, sedangkan alamat kita berada di Lampung, maka ongkos kirim tetap besar walaupun sudah dipotong.

3. Harus Menunggu Barang Sampai ke Tangan

Kekurangan belanja online selanjutnya adalah barang tidak langsung sampai ke tangan kita. Meskipun ada pengiriman yang hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja seperti layanan ojol. 

Dan pengiriman lain membutuhkan waktu lebih dari satu hari, bahkan ada yang sampai berminggu-minggu. Dan parahnya apabila barang tidak pernah sampai ke alamat kita. Meskipun begitu, uang kita tetap dapat kembali bila barang tidak sampai ke tangan kita.

Penutup

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan belanja online versi kami yang semoga dapat memberi penjelasan bagi kamu yang masih bingung ragu belanja online. Dan pastikan kamu terapkan tips aman belanja online agar tidak kecewa nantinya. Semoga bermanfaat..