√ 11 Usaha Sampingan Anak Rantau yang Menjanjikan

Usaha Sampingan Anak Rantau
Usaha Sampingan Anak Rantau

Usaha Sampingan Anak Rantau -
 Sebagai anak rantau pastinya kita membutuhkan penghasilan tambahan agar dapat mencukupi kebutuhan. Karena hidup di wilayah orang lebih sulit dibanding dengan hidup di wilayah sendiri. Apalagi jika kita merantau di tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya, dan sama sekali tidak memiliki kenalan disana. Pasti lebih sulit.

Tapi jangan takut dulu, selama ada kemauan untuk memulai, pasti akan terbuka jalannya. Kita harus berani, dan kita harus membangun mental entrepreneur atau pengusaha pada diri kita sendiri. Karena tanpa memiliki mental-mental seorang pengusaha, maka sangat kecil kemungkinan bagi kita untuk meraih kesuksesan.

Kemudian kita harus mempersiapkan hal untuk memulai usaha degan menentukan usaha apa yang akan kita jalani, dan meyakinkan diri bahwa kita pasti bisa sukses dalam menjalaninya. Kita juga harus mengamati apakah usaha yang akan kita jalani itu memiliki peluang untuk sukses. Dan juga sangat baik apabila kita memiliki banyak relasi.

Ide usaha sampingan untuk anak rantau ini lebih ditujukan kepada para pelajar atau mahasiswa, karena usaha ini sifatnya hanyalah sampingan, bukan pekerjaan utama. Tapi juga bisa dilakukan untuk mereka yang merantau dengan tujuan bekerja.

Menarik untuk Anda: √ 5 Bisnis Modal Hp dan Kuota ini Bisa Sangat Menguntungkan

Usaha Sampingan Anak Rantau yang Menjanjikan

Berikut ini adalah beberapa ide usaha sampingan untuk anak rantau yang menjanjikan dan bisa dikerjakan tanpa mengganggu aktivitas utama:

1. Blogging

usaha sampingan anak rantau
Blogging

Sekarang adalah zamannya dunia maya, peluang bisnis pun banyak tersedia disana. Salah satunya adalah dengan blogging. Usaha sampingan dengan blogging ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, dan pastinya bisnis ini sangat cocok untuk dikerjakan anak rantau.

Memulai usaha dengan blog mungkin terdengar sulit, apalagi bagi sobat yang masih asing dengan dunia teknologi. Tapi sebenarnya nge-blog tidak sesulit yang sobat bayangkan, walaupun tidak mudah juga. Bisa dibilang gampang-gampang susah.

Kita hanya perlu berkenalan dengan dunia blog dan mebiasakan diri bersamanya, pasti lama-kelamaan kita akan akrab dengan sendirinya. Juga sekarang fitur blog memang mudah untuk dipahami bahkan untuk pemula sekalipun.

Sudah banyak kisah sukses dari para blogger yang dapat menghasilkan miliyaran rupiah. Nah, mungkin kita mendapat 2-3 juta pun sudah senangnya luar biasa. Miliyaran pun bisa didapat dari blog, apalagi yang hanya 2-3 jutaan kan? Bila sobat tertarik, cobalah untuk memulainya.

2. Usaha Jualan Online

usaha sampingan anak rantau
Jualan Online

Seiring berkembangnya zaman, sekarang jual beli bisa dilakukan secara online. Dan kebanyakan orang pun lebih senang berbelanja online karena memang lebih mudah dan praktis.

Keadaan seperti ini bisa kita jadikan sebagai kesempatan untuk memulai bisnis dan mendapatkan penghasilan. Kita bisa menjadi salah satu dari mereka yang sukses dengan berjualan online. Dan sebagai anak rantau, kita pun bisa sukses dari usaha sampingan yang satu ini.

Berjualan online bisa apa saja dan dilakukan dimana saja. Dan apabila sobat merasa bingung karena tidak memiliki barang yang akan dijual, maka sobat bisa berjualan online dengan metode dropship. Dan bisa jadi dropship ini lebih menguntungkan bagi sobat.

3. Penulis Artikel

usaha sampingan anak rantau
Penulis Artikel

Sebagai pelajar atau mahasiswa, menulis adalah pekerjaan sehari-hari. Maka kita bisa menjadikan hal ini sebagai langkah untuk mendapatkan penghasilan, yaitu dengan menulis artikel yang baik dan menjualnya. Semakin berkualitas artikel kita, maka semakin besar keuntungan yang akan kita dapatkan.

Banyak jasa-jasa yang berani membeli artikel dengan harga yang mahal, dan tentunya artikel yang dibeli adalah artikel yang berkualitas. Bagi sobat yang terbiasa menulis dengan penulisan yang bagus, sobat bisa mencoba untuk menjualnya.

Tulisan itu pun tidak harus dijual untuk mendapatkan keuntungan, sobat juga bisa mengelolanya sendiri dan menghasilkan uang sendiri. Yaitu dengan membuat blog dan menerbitkan tulisan sobat sendiri.

Menulis juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja ada waktu luang. Maka dari itu, menulis artikel bisa dijadikan sebagai usaha sampingan anak rantau yang menguntungkan.

4. Desain Grafis

usaha sampingan anak rantau
Desain Grafis

Bagi sobat yang memiliki kemampuan dalam mendesain, sobat bisa memanfaatkannya menjadi ladang penghasilan. Biasanya hasil desain itu dijual dengan mahal, karena tidak semua orang bisa melakukannya. Karena mendesain membutuhkan kreatifitas yang tinggi, dan juga pendesain harus bisa menyampaikan makna tersirat dari desainnya tersebut.

Sebagai anak rantau, sobat bisa mendesain di dalam kamar kost dan menjadikannya usaha sampingan yang menguntungkan. Kemudian sobat dapat mengenalkan tentang kemampuan mendesain sobat kepada orang-orang, dan mendapatkan penghasilan darinya.

5. Penerjemah

usaha sampingan anak rantau
Penerjemah

Menerjemahkan buku atau artikel berbahasa asing pun bisa anda jadikan sebagai usaha sampingan. Terkhusus bagi sobat yang memiliki kemampuan bahasa asing yang baik. Entah itu bahasa inggris, bahasa arab, bahasa mandarin, atau bahasa asing lainnya.

Sobat bisa mencari jasa-jasa yang mencari penerjemah dan menawarkan diri kepada mereka. Menjadi penerjemah ini pun tidaklah menyita banyak waktu, selama anda bisa membagi waktu dengan baik. Sobat sebagai anak rantau pun bisa menjadikannya usaha sampingan yang menguntungkan dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

6. Fotografer

usaha sampingan anak rantau
Fotografer

Berfoto pasti semua orang bisa melakukannya, dari anak kecil pun sudah gemar berfoto, dan yang sudah tua-tua pun tidak mau kalah. Tapi kebanyakan orang berfoto hanya untuk bersenang-senang saja atau sekedar dokumentasi. Jadi, sobat harus berbeda, sobat bisa menjadikan ajang berfoto untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sobat bisa menjual hasil foto terbaik ke situs-situs yang penerima foto, dan mendapatkan penghasilan tambahan darinya. Tapi pastikanlah foto yang akan dijual adalah foto yang berkualitas.

7. Bisnis Pengetikan

usaha sampingan anak rantau
Pengetikan

Hidup di lingkungan sekolah atau kampus pasti banyak menemukan orang-orang yang mencari jasa pengetikan. Sobat bisa saja menawarkan diri untuk mengetik dan mendapatkan uang tambahan dari sana.

Dosen, teman, kakak kelas, dan siapa pun bisa menjadi target sobat. Tawarkanlah jasa mengetik kepada teman-teman dan semua orang, dan mulailah usaha sampingan sobat.

Usaha sampingan pengetikan ini bisa menjadi usaha yang menghasilkan untung besar bila dilakukan dengan serius, meskipun sobat hanya anak rantau. Mengetik pun bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, mudah bukan?

8. Jualan Pulsa dan Kuota

usaha sampingan anak rantau
Jualan Pulsa dan Kuota

Usaha sampingan anak rantau yang satu ini juga dibilang menguntungkan. Karena di zaman ini, pulsa dan kuota sudah seperti makanan yang harus ada setiap hari. Hampir setiap orang pasti memiliki gadget, dari anak-anak hingga orang tua. Dan setiap gadget pasti membutuhkan makanan berupa pulsa atau kuota.

Kesempatan ini bisa sobat jadikan sebagai usaha sampingan. Sobat bisa mendaftarkan diri sebagai agen penjualan pulsa dan kuota di konter. Dan sobat bisa menjadikan teman-teman sebagai ladang penghasilan

9. Jasa Les Privat

usaha sampingan anak rantau
Jasa Les Privat

Jasa les privat bisa sobat jadikan sebagai usaha sampingan, karena zaman sekarang banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya sampai tidak ada waktu untuk mengajari anaknya. Akhirnya mereka mencari guru privat untuk mengajarkan anaknya.

Walaupun seorang anak rantau, tapi sobat bisa melakukan usaha sampingan ini. Apa saja bisa sobat ajarkan, baik itu pelajaran sekolah, wawasan umum, belajar mengaji, dan lain-lain. Tapi pastikanlah yang sobat ajar adalah orang yang tingkat pendidikannya lebih rendah.

10. Usaha Makanan Ringan di Tanah Rantau

usaha sampingan anak rantau
Jualan Makanan Ringan

Berjualan makanan ringan atau cemilan juga bisa dijadikan sebagai tambahan penghasilan. Sobat bisa membeli makanan ringan dengan harga murah dan menjualnya lagi kepada teman atau orang-orang. Sobat juga bisa mengajak teman untuk bersama menjalankan usaha ini.

Usaha ini cukup menjanjikan, karena sudah banyak anak rantau yang sukses menjalankan bisnis sampingan ini. Sobat pun bisa menjadi salah satu dari mereka.

11. Jualan Aksesoris Murah

usaha sampingan anak rantau
Jualan Aksesoris Murah

Aksesoris banyak macamnya, seperti tas, sepatu, topi, gelang, softcase, hiasan, kerajinan tangan, dan masih banyak lagi lainnya. Sobat bisa menjual salah satunya, juga bisa menjual semuanya dengan metode dropship.

Setiap orang pasti memiliki aksesoris, dalam satu jenis bisa sampai memiliki beberapa biji. Karena aksesoris juga termasuk kebutuhan penting dalam hidup. Jadi, berjualan aksesoris juga menjadi salah satu pilihan usaha sampingan yang bagus untuk anak rantau.

Tips Sukses Memulai Usaha Sampingan Anak Rantau

  • Berdoa
  • Bertekad kuat
  • Mau berusaha
  • Pantang menyerah
  • Tidak takut gagal
  • Sabar
  • Konsisten
  • Pandai mengatur keuangan

Itulah beberapa usaha sampingan anak rantau yang bisa sobat lakukan untuk menambah penghasilan dan menutupi banyaknya pengeluaran. Semoga bermanfaat..
###
Sumber gambar: pixabay.com