5 Alasan Kenapa Kamu Bisa Bahagia dengan Gaya Hidup Minimalis

Daftar Isi [Lihat]
Alasan Kenapa Kamu Bisa Bahagia dengan Gaya Hidup Minimalis

Di zaman yang serba modern ini, tentu saja kebutuhan barang dan keperluan lainnya akan meningkat dan pasti produsen barang akan menawarkan lebih banyak pilihan untuk dibeli. Namun terkadang, sebagian orang justru membeli barang-barang yang sebenarnya hanya memuaskan keinginan dan tidak memenuhi kebutuhan.

Dan seiring berjalannya waktu, barang yang sudah dibeli tersebut hanya akan menumpuk terbengkalai. Hal tersebut terjadi karena kamu lupa untuk membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

Jika hal tersebut tidak ingin terjadi, maka kamu perlu banget nih untuk memulai gaya hidup minimalis. Menerapkan gaya hidup minimalis yaitu dengan membeli dan memakai barang yang hanya dibutuhkan saja serta menahan diri untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Dengan begitu hidupmu akan jauh lebih bahagia, dan tidak mengalami penyesalan dikemudian hari. 

Nah, berikut lima alasan kenapa kamu bisa bahagia dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Yuk simak!

1. Gaya hidup minimalis akan menciptakan hidup yang simpel dan sederhana

Menjalani hidup minimalis akan mengantarkanmu pada hidup yang simpel dan sederhana. Kamu juga akan lebih menghargai barang sesuai dengan nilai dan kualitasnya. Dengan membeli barang sesuai kebutuhan kamu juga tidak akan pusing untuk menata barang-barang tersebut dirumahmu dan kamu akan lebih mudah mengingat letak suatu barang.

Namun, bukan berarti kamu tidak diperbolehkan membeli barang yang kamu inginkan. Kamu juga tetap bisa kok membeli barang keinginanmu, tapi jangan terlalu sering dan kamu harus pastikan barang tersebut memang sesuai apa yang kamu butuhkan.

2. Menghemat pengeluaran

Dengan mengurangi pembelian barang yang tidak terlalu penting, kamu tentu akan menghemat pengeluaran. Uang yang tadinya kamu belikan untuk barang-barang keinginanmu, kali ini bisa kamu tabung atau investasi sejak dini untuk persiapan dikemudian hari. 

3. Hidup lebih ringan dan teratur

Pernahkan kamu merasa rumahmu begitu penuh dan sumpek? Bisa jadi itu karena banyak barang yang tidak terlalu penting dirumahmu. Jika begitu, kamu perlu menerapkan hidup minimalis. Mulailah menyigkirkan barang-barang yang tidak terpakai lagi dan kamu sisakan barang yang kamu perlukan dan masih digunakan tiap harinya.

Barang yang sudah tidak terpakai tadi bisa kamu berikan kepada teman, saudara atau siapapun yang sekiranya membutuhkan. Atau kau juga bisa lo menjualnya jika memang barang tersebut terlihat masih ada nilai jualnya. Tentu ini juga menguntungkan ya.

4. Pikiran akan lebih fokus pada hal-hal  penting

Dengan gaya hidup miimalis juga akan menghasilkan fikiran yang lebih fokus pada hal-hal penting atau yang menjadi prioritasmu. Daripada menghabiskan waktu pada hal yang tidak penting, waktu dan biaya hidupmu bisa difokuskan pada kesehatan dan hal-hal prioritas lainnya bukan? 

5. Nah, yang terakhir yaitu bebas dari rasa iri

Alasan terakhir nih mengapa menjalani hidup minimalis membuatmu bahagia adalah kamu terbebas dari rasa iri dan membanding-bandingkan hidupmu dengan orang lain. Sebab kamu hanya fokus pada hal-hal penting dalam hidupmu. 

So, kalian pasti tau dong, iri dan membanding-bandingkan hidup itu akan sangat merugikan dan melelahkan diri sendiri. Nah, Dengan hidup minimalis, kamu akan lebih menikmati hidupmu yang sudah sesuai kebutuhan dan tyle kamu sendiri. 

Okey, jadi itulah 5 alasan mengapa menjalani gaya hidup minimalis bisa membuatmu lebih bahagia dan nyaman dalam menjalani hidup. Jadi bagaimanamana, siap hidup minimalis?