√ 3 Cara Mudah Rekam Layar Hp Android dengan Suara Internal

Cara Rekam Layar Hp Android dengan Suara Internal

Cara Rekam Layar Hp Android - Fitur Rekam Layar biasanya digunakan untuk merekam kondisi layar saat momen gaming atau memang sedang membuat tutorial. Sebagian ponsel android memang sudah mendukung fitur ini secara bawaan, seperti hp Samsung, Xiaomi, Oppo, dan lain-lain. Namun masih banyak juga yang belum mendukung dan harus menggunakan aplikasi yang ada di play store.

Kalau anda adalah seorang youtuber gaming dan youtuber tutorial ponsel, tentunya sangat membutuhkan aplikasi rekam layar android yang terbaik, kalau bisa dengan suara internalnya. Karena memang tidak semua ponsel bisa melakukan perekaman layar dengan suara asli dari ponselnya.

Merekam suara internal ponsel lebih cocok ke youtuber gaming, jadinya suara yang dihasilkan bisa lebih jernih. Tapi android oleh google sendiri tidak di ijinkan untuk melakukan perekaman suara internal, karena mungkin nantinya akan ada duplikasi hasil karya. Alasan pastinya hanya google saja yang tahu.

Baca juga:

Cara Rekam Layar Hp Android dengan Suara Internal

Untuk melakukan rekam layar di Hp android dengan suara sistem, ternyata ada beberapa cara untuk mengakalinya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Android 10

Cara Rekam Layar Hp Android dengan Suara Internal
Menggunakan Android 10

Jika android anda masih dibawah android versi 10, tentu akan kesusahan untuk melakukan rekam layar android dengan suara sistemnya. Anda bisa menggunakan android 10 , karena memang android versi ini sudah bisa merekam suara internal saat perekaman layar.

Aplikasi yang ada di playstore pun sebenarnya bisa mendukung perekaman suara sistem jika anda menggunakan android versi 10.

Anda bisa mengupdate android anda ke versi 10 atau anda bisa mengubah custom room nya ke android 10, atau kalau punya duit banyak beli saja android baru yang sudah support ke versi 10.

2. Rekam Layar dengan Hp Xiaomi

Cara Rekam Layar Hp Android dengan Suara Internal
Rekam Layar dengan Hp Xiaomi

Jika anda menggunakan ponsel Xiaomi anda sebenarnya sudah bisa melakukan perekaman layar dengan suara sistem secara default di semua versi MIUI, dan cara rekam layar di hp Xiaomi pun cukup mudah.

Bahkan di versi lawas pun juga sudah bisa merekam internal audio, tidak tahu alasan Xiaomi bisa menyematkan fitur ini sementara vendor yang lain tetap patuh dengan kebijakan dari google yang tidak memperbolehkan android nya untuk merekam suara internal.

Anda bisa menggunakan ponsel Xiaomi atau mengganti custom rom anda degan rom Xiaomi. Seperti yang sudah saya coba pada ponsel Lenovo yang rom nya saya rubah ke Xiaomi dan sudah bisa mendukung perekaman video layar dengan suara internalnya.

3. Menggunakan Earphone yang Sudah di Modifikasi

Cara Rekam Layar Hp Android dengan Suara Internal
Menggunakan Earphone yang Sudah di Modifikasi

Ada salah satu tips yang sebenarnya bisa anda coba, namun tidak semua ponsel bisa berhasil dengan cara ini, kebanyakan hanya di ponsel model lawas saja yang bisa menggunakan earphone.

Earphone yang digunakan harus ada tombol mic nya, kebanyakan hanya tombol volume saja. Cari yang sudah menggunakan 3 tombol. Tombol yang paling tengah anda tekan saja terus menerus, nantinya saat perekaman layar, suara mic tidak akan berfungsi dan akan berubah ke kondisi perekaman suara sistem.

Sebaiknya anda lakukan dengan karet atau benda penjepit lain agar bagian tombol tidak lepas. Buka game yang ingin anda rekam, kemudian lakukan perekaman layar. 

Kekurangan dari cara ini, suara yang dihasilkan kurang jernih dan agak kecil, jadi perlu pengeditan lagi.

Aplikasi rekam layar android yang lain pun di toko aplikasi juga sudah banyak yang menggunakan opsi suara sistem, namun ada yang membutuhkan akses root dan hasilnya juga kurang jernih.

Kalau seperti yang sudah saya lakukan, hasil rekam layar terbaik adalah dengan menggunakan ponsel Xiaomi, atau menggunakan custom rom Xiaomi agar bisa langsung menikmati fitur ini tanpa bantuan aplikasi lain. Codenya juga sudah lengkap, sehingga hasilnya juga bagus. Opsi aspek ratio dan fps nya juga bisa diatur.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk merekam layar pada hp android, yaitu dengan menggunakan android 10, hp Xiaomi, atau dengan headset yang sudah di modifikasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..