[FAQ] Pertanyaan yang Sering Diajukan seputar J&T Express 2022

[FAQ] Pertanyaan yang Sering Diajukan seputar J&T Express 2021

[FAQ] Pertanyaan yang Sering Diajukan seputar J&T Express - Siapa sih yang tidak kenal dengan jasa pengiriman J&T Express? Pastinya kalian semua sudah pernah mendengarnya. J&T Express adalah salah satu jasa pengiriman terbaik di Indonesia yang banyak disukai masyarakat karena proses pengirimannya yang cepat. Meski masih tergolong muda karena baru bergabung pada Agustus 2015 lalu, namun ekspedisi J&T sudah berkembang pesat dan berhasil merambah ke lima negara, yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina dan Thailand.

Bahkan ketika umurnya belum genap 2 tahun, J&T sudah mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia. J&T juga merupakan salah satu jasa pengiriman yang sangat sering saya gunakan ketika belanja online, karena selain pengiriman yang cepat, ekspedisi ini juga sering mendapatkan gratis ongkir pada beberapa marketplace. 

Berhubung banyaknya pengguna ekspedisi J&T Express di Indonesia, maka pada artikel kali ini saya menuliskan beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar jasa pengiriman ini. Semoga saja jawaban yang Anda cari ada disini..


[FAQ] Pertanyaan yang Sering Diajukan seputar J&T Express 2021

Langsung saja, berikut adalah daftar pertanyaan dan jawabannya..

Q: Apa keunggulan jasa kirim J&T Express?

A: Melalui aplikasi dan website, Anda dapat dengan mudah mencari tahu tarif pengiriman, dan mengecek drop point (kantor cabang) terdekat dari lokasi Anda.

Fasilitas trace & tracking system untuk mempermudah Anda melacak keberadaan paket selama proses pengiriman. Drop point beroperasional setiap hari tanpa libur (termasuk akhir pekan, dan Hari Libur Nasional).

Q: Bagaimana sistem pembayaran J&T Express?

A: Untuk pelanggan non corporate, pembayaran dapat dilakukan secara tunai ketika paket diserahkan ke drop point. Bagi pelanggan corporate, sistem pembayaran dapat dilakukan dengan syarat dan ketentuan khusus.

Q: Bagaimana cara melakukan pengecekan pada resi J&T Express?

A: Anda dapat melakukan pengecekan No. Resi J&T Express secara mandiri pada www.jet.co.id atau melalui aplikasi J&T Express.

Q: Bagaimana mengirim paket dengan asuransi?

A: Anda dapat memberi tahu kepada admin drop point J&T Express bahwa anda ingin mengasuransikan paket kiriman anda. Selanjutnya pihak J&T Express akan melakukan perhitungan biaya asuransi paket anda dengan perhitungan 0.2% dari harga invoice barang yang dikirimkan.

Q: Bagaimana cara melakukan klaim?

A: Untuk melakukan prosedural klaim, Anda dapat menghubungi call center J&T Express di Hotline 021-8066-1888. Kemudian Anda dapat mengambil formulir klaim asuransi di drop point terdekat dan melengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhkan.

Q: Bagaimana dan kapan Anda mendapatkan Resi?

A: Untuk nomor Resi akan diberikan langsung oleh pihak J&T Express pada saat paket dikirimkan melalui drop point.

Q: Bagaimana jika terdapat kerusakan dan kehilangan paket saat pengiriman?

A: Jika Anda telah melakukan pembayaran asuransi dan melengkapi semua dokumen klaim, maka pihak J&T Express akan melakukan pembayaran klaim sesuai dengan nominal barang yang dikirimkan, maksimal Rp. 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah)

Jika Anda tidak menggunakan asuransi pengiriman, maka klaim akan dibayarkan 10x dari biaya pengiriman paket, maksimal Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah).

Q: Apa yang terjadi jika customer mengirimkan paket yang berisikan barang berbahaya (Dangerous Goods)?

A: Bagi customer yang dengan sengaja mengirimkan barang yang dilarang atau barang berbahaya maka berdasarkan Pasal 47 UU No. 38 Th. 2009, customer akan dipidana dengan hukuman penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Satu Miliar Rupiah) dan pihak penyedia jasa pengiriman (J&T Express) tidak bisa dikenakan pertanggungjawaban atas kejadian tersebut.

Q: Bagaimana cara untuk melaporkan keluhan dan saran?

A: Anda dapat menghubungi customer service 24 jam di 021-8066-1888.

Q: Apa saja jenis layanan J&T Express?

A: Regular / EZ : layanan pengiriman ke seluruh Indonesia dengan estimasi waktu pengiriman 2-3 hari kerja, sesuai dengan daerah tujuan pengiriman.

Q: Bagaimana jika ingin mengganti alamat ketika paket telah dikirimkan?

A: Untuk penggantian alamat ketika paket telah dikirim, Anda dapat langsung menghubungi call center J&T Express di 021-8066-1888 untuk bantuan lebih lanjut.

Q: Bagaimana perhitungan paket dengan berat volumetrik?

A: (Panjang x Lebar x Tinggi) X 1 Kg / 6000

Q: Bagaimana perhitungan paket dengan packing kayu?

A: Perhitungan biaya pengiriman dengan packing kayu adalah Berat Aktual + (30% x Berat Aktual). Apabila 30% x berat aktual kurang dari 3Kg, maka akan dibulatkan menjadi 3Kg.

Q: Bagaimana melakukan pengiriman benda cair melalui J&T Express?

A: Untuk pengiriman benda cair hanya dapat dilakukan via jalur darat saja. Saat ini J&T Express belum dapat melayani pengiriman benda cair antar pulau

Penutup

Nah itulah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan seputar jasa pengiriman J&T Express, semoga Anda menemukan jawaban dari pertanyaan yang membuat Anda bingung. Selain pengiriman yang cepat, J&T Express juga termasuk jasa pengiriman yang tidak kenal libur lho. Jadi Anda dapat mengirim barang menggunakan J&T Express di hari Minggu maupun libur besar nasional. Semoga bermanfaat..

Sumber: jet.co.id