√ Cara Membersihkan Memori Internal Hp yang Penuh, Mudah & Efektif!

Cara Membersihkan Memori Internal Hp yang Penuh
Cara Membersihkan Memori Internal Hp yang Penuh, img: pixabay

Apakah kamu sedang mencari cara untuk membersihkan memori internal di hp yang sudah penuh secara mudah dan efektif? Jika iya, maka kamu sudah berada di artikel yang tepat.

Memori internal yang sudah penuh pastinya sangat tidak mengenakkan bukan? Selain membuat kita bingung untuk menyimpan file-file baru, juga membuat smartphone menjadi lambat dan sulit untuk update dan install aplikasi lain.

Untuk yang memiliki hp dengan kapasitas memori internal besar mungkin agak santai, karna dirasa cukup untuk menyimpan file yang dimiliki. Tapi bagi yang memiliki hp dengan kapasitas memori internal kecil biasanya sering bingung karna memori cepat penuh.

Nah untuk kamu yang sering mengalami memori internal penuh, tak perlu khawatir! Ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi memori internal yang penuh pada smartphone dan berlaku untuk semua merek hp. Berikut penjelasannya..

Menarik untuk Anda:

Cara Membersihkan Memori Internal di Hp yang Penuh

1. Pindahkan File ke Memori Eksternal

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan memori internal di hp yang penuh yaitu dengan memindahkan file ke memori eksternal. Karena dengan cara ini kamu tidak perlu menghapus file seperti foto dan video yang dimiliki.

Sekarang sudah banyak merek memori internal yang dijual dengan harga terjangkau dan berkualitas. Kamu bisa mengunjungi toko hp terdekat atau membelinya secara online.

Cara memindahkan file ke memori eksternal:
  • Buka File Manager
  • Pilih poto, video, atau file yang ingin dipindah ke memori eksternal
  • Kemudian klik pada opsi pindah
  • Lalu pilih memori eksternal sebagai tempat meletakkan file

2. Hapus Aplikasi yang tidak Diperlukan

Salah satu penyebab yang sering membuat memori internal pada smartphone cepat penuh yaitu banyak aplikasi yang terinstall. Maka dari itu kamu bisa menghapus beberapa aplikasi dan game yang dirasa tidak dibutuhkan.

Cukup tinggalkan aplikasi yang berguna saja pada hp, maka kamu akan merasakan memori internal lebih longgar. Coba cek aplikasi apa saja pada hpmu, pasti banyak kan yang jarang digunakan?

Cara menghapus aplikasi di hp:
  • Buka Pengaturan
  • Klik Kelola Aplikasi
  • Pilih aplikasi yang ingin dihapus
  • Klik uninstall

3. Bersihkan Cache dan File Sampah

Cara selanjutnya untuk membersihkan memori internal penuh yaitu dengan memberikan cache dan file sampah di hp. Karena hal ini menjadi salah satu penyebab penuhnya memori internal yang belum banyak diketahui.

Biasanya pengguna smartphone tidak terlalu menyadari jika cache dan file sampah pada aplikasi sudah banyak. Lama-kelamaan cache tersebut semakin menumpuk dan dapat membuat memori internal semakin penuh. Maka dari itu, rajin-rajinlah untuk memberikan cache dan file sampah pada hpmu.

Cara membersihkan cache aplikasi:
  • Buka Pengaturan
  • Pilih Kelola Aplikasi
  • Klik pada aplikasi yang ingin dibersihkan
  • Klik hapus cache

4. Kelola File yang tidak Terpakai

Apabila di ponsel yang kamu miliki terdapat banyak file yang tidak terpakai seperti gambar, video, berkas, dan lain-lain, maka kamu bisa menghapusnya agar memori internal terasa lebih lega. Biasanya pengguna hp sering menyimpan video dan poto yang tidak berguna, maka membuangnya adalah keputusan tepat. Tetapi apabila poto dan video berupa kenangan, maka tetap harus disimpan.

Apabila kamu sering mengunduh video YouTube dan menyimpannya ke offline, atau menyimpan gambar dan video melalui telegram, maka hal tersebut juga bisa memenuhi memori internal.

Cara menghapus file di ponsel:
  • Buka file manager
  • Pilih poto, video, atau file yang ingin dihapus
  • Klik tombol hapus

5. Menggunakan Penyimpanan Cloud

Dengan menggunakan opsi penyimpanan Cloud, kamu bisa mengatasi memori internal hp yang penuh. Kamu bisa menyimpan gambar, video, dan file lainnya ke penyimpanan Cloud, kemudian menghapus file yang ada di memori internal.

Beberapa layanan penyimpanan Cloud yang bisa kamu gunakan yaitu Google Drive, OneDrive, dan DropBox. Tak perlu khawatir, layanan ini bisa kamu gunakan secara gratis.

Cara menyimpan file di penyimpanan Cloud:
  • Buka layanan Cloud
  • Klik menu upload
  • Pilih poto, video, atau file yang ingin disimpan di penyimpanan Cloud

Nah itulah beberapa cara ampuh untuk membersihkan dan mengatasi memori internal yang penuh di hp. Langsung saja praktekkan cara di atas agar hp mu terasa lebih longgar. Jangan lupa beritahu artikel ini ke teman-temanmu yang membutuhkan. Semoga bermanfaat..