Review Ekspedisi Pos Indonesia 2022: Kelebihan dan Kekurangan

Review Ekspedisi Pos Indonesia: Kelebihan dan Kekurangan
Review Ekspedisi Pos Indonesia 2022: Kelebihan dan Kekurangan

Review Pos Indonesia 2022: Kelebihan dan Kekurangan - Ekspedisi pengiriman barang merupakan salah satu jasa yang sudah ada sejak zaman dahulu dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dahulu jasa pengiriman barang didirikan untuk mengirim surat-surat penduduk agar lebih aman dan terjamin. Saat ini, jasa pengiriman barang sudah semakin berkembang dan hampir semua barang bisa dikirimkan.

Terlebih lagi saat ini kegiatan jual beli online sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat, hal ini pun menjadikan kebutuhan terhadap ekspedisi pengiriman barang semakin besar. Maka dari itu, sekarang sudah ada banyak perusahaan-perusahaan yang berdiri dalam bidang ekspedisi pengiriman barang dan pastinya masih akan bermunculan lagi perusahaan lainnya yang serupa.

Salah satu perusahaan di bidang jasa pengiriman barang yang sudah berdiri sejak zaman dahulu adalah Pos Indonesia. Dan pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai review ekspedisi Pos Indonesia, kelebihan, kekurangan, keluhan, serta estimasi pengirimannya. Selamat membaca..

Baca juga:

Mengenal Ekspedisi Pos Indonesia

Mengenal Ekspedisi Pos Indonesia
Mengenal Ekspedisi Pos Indonesia

Dilansir dari Wikipedia, Pos Indonesia merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos. Saat ini, bentuk badan usaha Pos Indonesia merupakan Perseroan Terbatas dan sering disebut dengan PT. Pos Indonesia. Bentuk usaha Pos Indonesia ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1995. Peraturan Pemerintah tersebut berisi tentang pengalihan bentuk awal Pos Indonesia yang berupa perusahaan umum (perum) menjadi sebuah perusahaan persero.

Pos Indonesia sudah berdiri pada tahun 1746, dan saham Pos Indonesia sepenuhnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Saat ini Pos Indonesia tidak hanya melayani jasa pos dan kurir, tetapi juga jasa keuangan, ritel, dan properti, yang didukung oleh titik jaringan sebanyak lebih dari 4.000 kantor pos dan 28.000 Agen Pos yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Review Ekspedisi Pos Indonesia Sesuai Pengalaman

Review ekspedisi Pos Indonesia ini ditulis berdasarkan pengalaman saya pribadi ketika beberapa waktu lalu memesankan baju koko untuk kakak saya seberat 6 kg. Baju tersebut dikirim oleh penjual dari Surakarta, dengan tujuan ke Lampung Tengah.

Kemudian oleh penjual dicarikan jasa pengiriman paling murah, alhasil pilihan jatuh pada ekspedisi Pos Indonesia. Jujur saja saya pribadi belum pernah menggunakan ekspedisi ini karena banyak yang bilang pengirimannya lama. Tapi untuk kali ini tidak apa-apa menggunakan ekspedisi Pos Indonesia, toh barangnya juga tidak dibutuhkan segera.

Biasanya pengiriman dari Solo ke Lampung Tengah menghabiskan waktu 3-4 hari, tapi ternyata barang yang saya pesan ini datang lebih cepat, yaitu hanya 2 hari saja. Hal ini pun menghilangkan anggapan saya bahwa pengiriman Pos Indonesia membutuhkan waktu yang lama.

Review Kelebihan dan Keunggulan Pos Indonesia

Berdasarkan pengalaman saya, review Pos Indonesia mengenai kelebihan pada ekspedisi ini adalah pengirimannya yang cepat, adapun beberapa keunggulan lainnya seperti:

1. Biaya Pengiriman Murah

Ongkos kirim yang mahal seringkali menjadi kendala ketika ingin mengirim atau memesan barang secara online. Semakin murah biaya pengiriman maka semakin menguntungkan, hal ini pun menjadi salah satu kelebihan ekspedisi Pos Indonesia yang sudah umum yaitu memberikan ongkos kirim yang murah.

Dengan biaya pengiriman yang murah, Pos Indonesia pun bisa menjadi salah satu opsi pengiriman barang yang menguntungkan.

2. Banyak Pilihan Layanan

Banyaknya pilihan layanan pada jasa pengiriman Pos Indonesia menjadi salah satu keunggulan yang sangat memberi kemudahan bagi para pelanggan. Karena layanan ini akan menyesuaikan kebutuhan pengguna.

Misalnya Anda ingin mengirim barang berat, maka bisa menggunakan layanan Pos Jumbo Ekonomi agar mendapat ongkos kirim lebih murah. Apabila ingin pengiriman yang cepat maka bisa menggunakan layanan Pos Instan atau Pos Express.

3. Memiliki Jangkauan Luas

Kelebihan ekspedisi Pos Indonesia lainnya yaitu memiliki banyak kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, hal ini pun menjadikan jangkauan mereka semakin luas. Karena Pos Indonesia memiliki jangkauan pengiriman yang luas, maka Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengirimkan barang sampai ke pelosok.

4. Hitungan Ongkos Kirim Spesifik

Perhitungan ongkos kirim pada ekspedisi Pos Indonesia sangat spesifik dan menguntungkan bagi para penggunanya. Perhitungan mereka menggunakan satuan gram, bukan kilogram seperti jasa kirim lainnya. Jadi misalnya Anda mengirim barang dengan berat 1.8kg, maka ongkir akan dihitung 1.8kg, bukan 2kg.

5. Layanan Jemput Paket

Berdasarkan review kami, Pos Indonesia juga menyediakan layanan jemput paket berupa barang, surat, dokumen, bahkan kendaraan. Hal ini menjadi salah satu kelebihan dan keunggulan Pos Indonesia yang sangat memudahkan pelanggan, karena tidak perlu capek-capek pergi ke kantor pos untuk mengirim barang.

6. Tetap Buka pada Sabtu & Minggu

Kabar baiknya, mulai awal Juni 2021 ekspedisi Pos Indonesia akan tetap buka pada hari Sabtu dan Minggu. Jadi tidak ada kata libur untuk jasa kirim ini. Seperti yang dikatakan oleh Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana dalam keterangan persnya, Sabtu (5/6/2021).

"Mulai Juni ini, kami buka selama tujuh hari seminggu, 24 jam sehari. Tidak ada libur, baik untuk Sabtu dan Minggu, atau tanggal merah."

Kekurangan dan Keluhan Ekspedisi Pos Indonesia

Adapun review Pos Indonesia terkait kekurangan dan keluhan pada ekspedisi pengiriman ini adalah:

1. Pengiriman Terkadang Telat

Kekurangan dan keluhan pada ekspedisi Pos Indonesia yang sering ditemukan adalah waktu pengiriman yang terkadang melebihi bayar waktu yang ditentukan. Hal ini pastinya dapat membuat pelanggan merasa kecewa, apalagi jika barang yang dikirim akan segera digunakan.

Meskipun review Pos Indonesia berdasarkan pengalaman saya pribadi memiliki waktu pengiriman yang cepat, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa banyak keluhan mengenai lamanya pengiriman ekspedisi ini. Mengenai keluhan Pos Indonesia, akan banyak Anda temukan pada forum-forum online.

2. Tidak Bekerjasama dengan Banyak Marketplace

Saat ini banyak orang yang suka belanja online melalui marketplace karena dianggap lebih aman. Namun sayangnya jasa kirim Pos Indonesia tidak dapat ditemukan di semua marketplace.

So, bagi Anda yang sering menggunakan ekspedisi Pos Indonesia, jangan kaget apabila tidak menemukannya pada beberapa marketplace.

Berapa Lama Pengiriman Pos Indonesia?

Sebagaimana yang tertera pada halaman resmi ekspedisi Pos Indonesia, lama pengiriman Pos Express menghabiskan waktu 1 hari, Pos Kilat Khusus menghabiskan waktu 2-7 hari, dan Pos Jumbo Ekonomi membutuhkan waktu maksimal H+14. Sedangkan untuk pengiriman di hari yang sama, Anda dapat menggunakan layanan Q9 Sameday Service yang yang akan sampai kurang dari 9 jam.

Bagaimana Cara Menghubungi Pos Indonesia?

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau kendala seputar layanan atau pengiriman pada ekspedisi Pos Indonesia, maka dapat menghubungi mereka melalui kontak berikut ini:
  • Email: halopos@posindonesia.co.id
  • Halopos: 1500161
  • Livechat: VIDAPOS
  • Telegram: @posindonesia_officialbot
  • Line: @posindonesia_officialbot
  • Webchat: www.posindonesia.co.id

Penutup

Inilah review dari kami mengenai kelebihan, kekurangan, serta keluhan pada ekspedisi Pos Indonesia. Apabila Anda ingin mencari jasa kirim dengan tarif yang murah dan bisa jemput paket, maka Pos Indonesia dapat menjadi pilihan. Semoga bermanfaat..