√ 10 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar --
 Semua orang pastikan menginginkan sebuah usaha dengan modal kecil namun memiliki untung yang besar, terlebih lagi apabila itu adalah jenis usaha yang dapat dikerjakan di rumah. Terdapat banyak peluang usaha yang dapat dimulai langsung di rumah, tetapi kita harus pintar-pintar mencari usaha apa yang cocok untuk di jalankan di sekitar lingkungan kita. Karena kalau kita memulai usaha yang tidak potensial dengan keadaan lingkungan, alhasil bukan keuntungan yang kita dapat melainkan kebuntungan.

Tapi semua peluang usaha rumahan modal kecil untung besar ini juga harus dijalankan dengan telaten dan sabar. Karena untuk memulai sebuah usaha baru, mungkin masih sulit dan bahkan sepi konsumen. Namun bila dijalankan dengan penuh kesabaran dan ketekunan, insyaAllah seiring berjalannya waktu usaha kita akan berkembang menjadi lebih besar.

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha rumahan dengan modal kecil namun memiliki potensi untung yang besar:

Usaha Makanan dan Minuman

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Usaha Makanan dan Minuman

Usaha makanan menjadi salah satu pilihan baik untuk usaha rumahan yang dapat dimulai dengan modal kecil dan dapat menghasilkan untung yang besar. Bisnis ini merupakan bisnis yang bisa dibilang selalu berjalan lancar, karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak ada habisnya. Tergantung bagaimana kita memilih makanan apa yang cocok dengan peluang yang ada, dan juga kita memiliki kemampuan untuk memulainya.

Contohnya jika kita ingin memulai usaha mie ayam dan bakso, tetapi di komplek kita sudah ada 5 pedagang yang juga menjual makanan yang sama dan sudah memiliki banyak pelanggan. Hal ini tentu kurang profesional, karena peluang  kita untuk mendapatkan konsumen menjadi lebih sedikit. Dan juga pastinya kita akan merasa sungkan dengan pedagang lainnya karena akan dianggap ingin menyaingi.

Memulai usaha makanan terdapat banyak pilihannya, tergantung mana yang memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan banyak konsumen. Tentunya sobat harus sudah melakukan survey terlebih dahulu tentang kebutuhan konsumen. Beberapa peluang usaha makanan rumahan dengan modal kecil dan untung besar yang dapat sobat mulai adalah:

Menarik untuk Dibaca: 3 Bisnis Online Modal Laptop dan Internet

1. Makanan Khas Daerah

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Makanan Khas Daerah

Apabila sobat adalah seorang pendatang baru di lingkungan sobat, dan kebetulan daerah asal sobat memiliki masakan yang terkenal dengan kelezatannya, hal itu bisa menjadi peluang usaha yang menarik untuk sobat jalani. Apabila sobat belum terlalu mengerti tentang resepnya, sobat bisa mempelajarinya terlebih dahulu. Dan kemudian mencoba untuk memulai usaha makanan khas daerah sobat itu.

Biasanya orang-orang akan tertarik dengan makanan yang tidak biasa dia lihat, terlebih lagi jika makanan itu benar-benar terlihat lezat dan bisa didapat dengan harga yang terjangkau. Siapa sih yang gak pengen nyobain.

Makanan khas daerah yaitu seperti masakan padang, gudeg solo, pempek palembang dan masih banyak lagi lainnya. Dan sudah banyak bukti sukses dari orang-orang yang membuka usaha makanan khas daerah ini. Maka dari itu, jualan makanan khas daerah masuk ke dalam peluang usaha rumahan dengan modal kecil dan untung besar. 

2. Bisnis Makanan Berat

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Bisnis Makanan Berat

Apabila sebelumnya dibahas tentang makanan khas daerah, kali ini yang kita bahas adalah makanan berat atau makanan utama. Karena dalam pembahasan makanan khas daerah tadi, bisa makanan berat juga bisa makanan ringan khas dari suatu daerah.

Berbisnis makanan berat juga termasuk bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan, apalagi bila berada di posisi yang strategis, seperti lingkungan kerja, sekolah, dan tempat-tempat ramai lainnya.

Bisnis ini juga tergolong mudah karena menunya adalah menu rumahan. Dan juga bisnis ini memiliki banyak peminatnya, apalagi yang dibubuhi dengan harga murah dan rasa mewah. Karena itu usaha rumahan ini termasuk usaha modal kecil untung besar.

Makanan ini seperti makanan-makanan di warteg, nasi uduk, nasi goreng, ayam bakar, pecel lele, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

3. Makanan Ringan atau Aneka Jajanan

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Makanan Ringan atau Aneka Jajanan

Bisnis makanan ringan atau jajanan juga termasuk salah satu usaha rumahan dengan modal kecil dan dapat menghasilkan untung yang besar. Kita bisa mengambil aneka makanan ringan dari pembuatnya langsung dengan harga yang lebih murah, atau kita juga bisa membuatnya sendiri.

Jajanan memang memiliki banyak peminat, karena bisa dimakan kapan saja. Dan jajanan memang memiliki rasa yang pas di mulut dan di perut. Makanan ringan atau jajanan ini juga sering dijadikan sebagai teman kala sedang bersantai, dan juga cocok dijadikan teman kala sedang bekerja.

Seperti halnya ketika sobat sedang nonton tv, pasti lebih nikmat bila ditemani dengan jajanan atau cemilan. Ketika sedang piknik bersama teman atau keluarga, pasti banyak menemukan aneka jajanan yang menarik di mata dan ingin segera mencicipinya. Nah, itu hanya sebagai contoh bahwa jajanan memang memiliki banyak peminat. Karena itu, makanan ini bisa dijadikan sebagai salah satu daftar usaha rumahan dengan modal kecil dan untung besar.

Makanan ini pun banyak contohnya, seperti keripik (pisang, singkong, ubi dll), jajanan untuk lebaran, jajanan seperti di pinggir jalan, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Dan sobat bisa memulainya dari sekarang (tapi jangan dimakan sendiri ya,, hehe).

Menarik untuk Dibaca: 7 Peluang Usaha di Lingkungan Kampus yang Menjanjikan

4. Usaha Aneka Kue dan Roti

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Aneka Kue dan Roti

Berbisnis kue dan roti juga menguntungkan loh. Kue dan roti ini biasanya banyak dicari untuk oleh-oleh, hadiah, makanan pesta, dan juga kue bisa menggantikan posisi jajanan/makanan ringan. Kue dan roti pun juga sering digunakan untuk sarapan, dan juga bisa menggantikan posisi makanan berat karena mengenyangkan. Kue dan roti ini bisa menggantikan makanan berat maupun ringan, karena itu bisnis kue dan roti ini termasuk usaha rumahan modal kecil untung besar.

Sudah banyak orang-orang hebat yang membuktikan kesuksesan dalam bisnis aneka kue dan roti ini, dan banyak pula dari mereka yang memulainya dari rumah mereka sampai akhirnya bisa membangun pabrik roti.

5. Bisnis Kedai Kopi di Depan Rumah

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Bisnis Kedai Kopi di Depan Rumah

Bila sebelumnya yang kita bahas adalah tentang makanan, maka sekarang gilirannya minuman yang dibahas. Bisnis minuman sama halnya dengan bisnis makanan yang tidak ada habisnya, karena minuman juga adalah kebutuhan pokok manusia.

Minuman yang kita bahas kali ini adalah kopi, meski tidak semua orang menyukainya, tapi yang menyukainya pun juga sangatlah banyak. Bahkan ada juga yang tidak bisa satu hari tanpa kopi, serasa ada yang kurang. Saya pun termasuk salah satu penggemar kopi, walaupun yang saya minum hanya kopi-kopi sachet.

Memulai usaha dengan membuka kedai kopi adalah ide bagus, usaha rumahan yang bisa dimulai dengan modal kecil namun dapat menghasilkan untung yang besar. Kedai kopi biasanya digunakan sebagai tempat nongkrong berbagai kalangan, anak-anak muda bahkan sampai orang-orang tua pun gemar nongkrong dan bersantai-santai di kedai kopi.

Kedai kopi yang ramai pengunjung biasanya yang terletak di daerah yang strategis, daerah yang nyaman untuk dibuat nongkrong. Dan biasanya pemilik kedai kopi menarik pengunjung dengan adanya fasilitas bonus seperti free wifi.

Bila rumah sobat berada di daerah yang strategis dan nyaman, sobat bisa saja memulai untuk membuka kedai kopi di depan rumah. Meminum kopi juga cocok bila ditemani dengan aneka cemilan, nah sobat juga bisa sekaligus menjualnya untuk menambah keuntungan.

Menarik untuk Dibaca: Perkiraan Modal dan Keuntungan Bisnis Laundry

6. Jual Minuman Dingin Modal Kecil

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Jual Minuman Dingin Modal Kecil

Siapa sih yang gak suka meminum minuman dingin? Minuman yang menyegarkan? Pasti pada suka kan?

Hampir semua kalangan suka meminum minuman dingin, walaupun tidak semua, tapi banyak. Dan karena itu lah bisnis minuman dingin ini cocok menjadi usaha rumahan dengan modal kecil dan berpotensi mendapat untung yang besar. Terlebih lagi apabila rumah sobat berada di lingkungan yang panas, bisnis ini sangatlah cocok.

Bisnis ini cukup menjanjikan apabila sobat lakukan dengan penuh kesabaran dan ketekunan. Tidak sedikit pula orang yang menjadi sukses dari bisnis minuman dingin ini. Seperti seseorang yang saya kenal, dia memiliki bisnis ‘cendol bandung’, dan dengan bisnisnya itu dia mampu membeli rumah seharga 300 juta dan beberapa motor bagus.

Bisnis minuman ini banyak macamnya, seperti es cendol, es buah, es degan, jus, kopi dingin, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan: Apabila sobat ingin menjalankan bisnis makanan dan minuman seperti yang disebutkan di atas, sobat harus memberikan kepuasan kepada para konsumen. Apabila konsumen sudah merasa puas, pasti dia akan kembali lagi untuk membeli, bahkan dia juga bisa merekomendasikan jualan sobat kepada teman-temannya. Kepuasan itu bisa di dapat dari cita rasa maupun pelayanan. Cita rasa yang lezat atau enak, pasti akan membuat konsumen ketagihan. Dan pelayanan yang baik pasti akan membuat konsumen merasa nyaman.

Banyak sedikitnya modal untuk usaha makanan dan minuman tergantung jenis mana yang akan sobat pilih dan berapa banyaknya. Tapi jika ingin memulai dari awal, maka lebih baik mulailah kecil-kecilan terlebih dahulu. Kemudian jika sudah berkembang, maka bisa diperbesar usaha tersebut.

Usaha Pakaian di Rumah

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Usaha Pakaian di Rumah

Bisnis pakaian juga termasuk salah satu usaha rumahan dengan modal kecil dan berpotensi mendapatkan untung yang besar. Karena pakaian juga termasuk kebutuhan manusia yang tidak ada habisnya. Apalagi di zaman milenial ini, yang mana orang-orangnya akan malu dan tidak pede bila berpakaian jelek atau biasa saja, dan merasa ingin selalu tampil dengan penampilan yang keren (walaupun dompetnya pas-pasan).

Bisnis pakaian pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti berjualan online, membuka toko di rumah, atau menitipkannya pada orang lain untuk dijual lagi.

Jika sobat belum memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis ini, sobat bisa saja menjualkan barang milik orang lain atau dibilang dropship. Tapi sobat harus benar-benar tahu barang yang akan dijual seperti apa kualitasnya, agar tidak merugikan konsumen.

Bisnis pakaian ini pun banyak macamnya, setidaknya ada beberapa ide jenis pakaian yang bisa sobat jadikan sebagai peluang usaha. Dan sobat bisa memilih mana yang lebih disenangi.

7. Usaha Pakaian Wanita Untung Besar

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Usaha Pakaian Wanita Untung Besar

Bisnis pakaian wanita ini sangatlah berpotensi untuk mendapatkan banyak konsumen, karena tabiatnya wanita adalah suka berbelanja. Apabila mereka melihat barang bagus, mereka langsung tertarik dan ingin membelinya. Jadi, pastikan barang yang sobat jual adalah barang yang menarik.

Jualan pakaian wanita bisa menjadi peluang usaha rumahan modal kecil untung besar yaitu dengan cara dropship.

Sobat bisa menjual beberapa jenis pakaian saja, atau juga bisa menjual semua jenis pakaian wanita dengan lengkap. Tapi pastinya butuh modal besar untuk membeli stok yang banyak.

Menjual pakaian wanita bisa dibilang lebih mudah daripada menjual pakaian pria, tapi terkadang wanita kalau menawar harga sangatlah ekstrem, terkhusus emak-emak.

Pakaian wanita itu banyak macamnya, seperti gamis, jilbab/kerudung, baju atasan, rok, celana, daster, dan masih banyak lagi lainnya.

8. Bisnis Pakaian Pria

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Bisnis Pakaian Pria

Meskipun pria terkesan lebih jarang berbelanja dibanding dengan wanita, tapi bisnis pakaian pria juga termasuk usaha rumahan modal kecil untung besar. Karena sudah terbukti banyak pedagang-pedagang pakaian pria sukses dengan bisnisnya.

Dan kelebihan dari bisnis pakaian pria ini adalah keuntungannya yang besar, karena pria biasanya jarang melakukan tawar-menawar ketika membeli.

Bisnis pakaian pria ini seperti menjual kemeja, kaos, jaket, celana, jas, dan masih banyak lagi. Untuk yang lagi nge-tren di kalangan anak muda adalah pakaian distro, meskipun di banderol dengan harga yang tinggi, tetapi kualitasnya memang tidak dipertanyakan lagi, dan juga motifnya keren dan kekinian. Sobat bisa memilih salah satu jenisnya, atau menjual semuanya sekaligus.

Menarik untuk Dibaca: Usaha Pangkas Rambut, Modal Kecil Untung Besar

9. Pakaian Muslim

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Pakaian Muslim, via: kupang.tribunnews.com

Pakaian muslim biasanya dijual dengan harga yang mahal, karena itu bisnis ini sangat menguntungkan. Tetapi sobat bisa saja menjualnya dengan harga yang terjangkau dengan tidak mengambil banyak keuntungan.

Jika sudah memiliki banyak pelanggan, niscaya walaupun keuntungan yang kita dapat dari setiap barang itu hanya sedikit, kita tetap bisa mengumpulkan banyak keuntungan apabila barang kita laris manis di pasaran. Tentunya lebih baik daripada kita memperoleh keuntungan yang besar dari satu barang, tapi kenyataanya barang kita tidak laku.

Indonesia adalah negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam. Jadi, bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan dan termasuk peluang usaha rumahan modal kecil yang dapat menghasilkan untung besar.

Setiap hari laki-laki solat di masjid 5 kali, dan mereka pastinya solat dengan mengenakan pakaian yang sopan seperti baju koko/gamis, walaupun ada juga yang mengenakan kemeja atau bahkan kaos. Dan setiap wanita muslimah dalam kesehariannya selalu mengenakan gamis dan hijab ketika bepergian. Maka hal ini bisa dijadikan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Terlebih lagi ketika menjelang hari raya umat Islam, maka jumlah pencarian pakaian muslim akan melejit.

Bisnis pakaian muslim ini seperti menjual baju koko, gamis, hijab, jubah, dan aksesoris muslim seperti peci, sorban, sarung, dan masih banyak lagi lainnya.

10. Bisnis Kebutuhan Aksesoris

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Bisnis Kebutuhan Aksesoris

Kebutuhan aksesoris ini juga laku keras loh. Jenis aksesoris ini sangatlah banyak, seperti tas, sepatu, topi, syal, dll. Setiap orang pasti membutuhkan dan memiliki aksesoris ini, bahkan ada orang yang setiap hari memakai tas yang berbeda, ada juga yang setiap hari selalu gonta-ganti sepatu. Ya biasanya mereka adalah anak orang kaya.

Tapi tidak selalu orang kaya yang bisa seperti itu, orang biasa pun membutuhkan barang-barang seperti ini. Contohnya saja tas, dari anak tk sampai orang tua pun pasti memilikinya, dengan model yang berbeda-beda pastinya. Bahkan satu orang biasanya memiliki tas lebih dari satu.

Contohnya lagi sepatu atau sandal, siapa sih yang gak punya? Semua pasti punya, setidaknya punya satu pasang, tapi biasanya setiap orang memiliki lebih dari satu pasang sepatu. Karena ini juga termasuk kebutuhan manusia. Bahkan orang yang tidak memakai alas kaki terkesan negatif di mata orang lain.

Dari sini, kita sudah mengetahui bahwa kebutuhan manusia terhadap aksesoris itu sangatlah besar. Maka, bisa kita manfaatkan sebagai ladang penghasilan. Maka dari itu, jualan aksesoris termasuk peluang usaha rumahan dengan modal kecil dan untung besar.

Aksesoris ini tidak mesti berupa kain, bisa juga seperti gelang, sabuk, kacamata, dan lain-lain. Jika di lingkungan sobat memiliki potensi untuk mendapatkan konsumen, sobat bisa memulai bisnis ini.

Kesimpulan: Dalam usaha pakaian ini, kejujuran dan kualitas barang sangatlah berpengaruh terhadap konsumen. Maka dari itu, berikanlah yang terbaik kepada konsumen dari segi pelayanan maupun kualitas barang.

Apabila sobat merasa belum memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis pakaian ini, maka sobat bisa menjualkan barang milik orang lain terlebih dahulu. Dan setelah mendapatkan keuntungan dan merasa bisa untuk memiliki stok sendiri maka cobalah untuk membuka usaha sobat sendiri.

Daftar 10 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

  1. Makanan khas daerah
  2. Makanan berat
  3. Makanan ringan atau aneka jajanan
  4. Aneka kue dan roti
  5. Kedai kopi
  6. Minuman dingin
  7. Pakaian wanita
  8. Pakaian pria
  9. Pakaian muslim
  10. Kebutuhan aksesoris


Nah itulah beberapa contoh usaha rumahan dengan modal kecil dan untung besar yang bisa sobat coba. Pintar-pintarlah mencari peluang yang pas untuk dijalani, dan mulailah untuk mencobanya.

Semoga bermanfaat..

###
Sumber gambar: pixabay.com